Jabar Hari Ini: Kisah Haru Febby Gadis Pelukis-Banjir Bandang Terjang Sumedang

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 26 Mar 2021 19:55 WIB
Febby Lissa Ayu Aryanti
Febby Lissa Ayu Aryanti (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Bandung -

Beragam peristiwa terjadi di Jawa Barat ini. Mulai kisah Febby gadis pelukis di Sukabumi hingga banjir bandang menerjang Sumedang.

Berikut rangkuman beritanya:

Nasib Febby Gadis Pelukis yang Sempat Viral

Febby Lissa Ayu Aryanti (17) sempat viral hingga mendapat atensi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Maret 2020 silam. Gadis asal Sukabumi itu menarik perhatian Jokowi karena kepandaiannya melukis sketsa dan kondisi ekonomi keluarganya yang kurang mampu.

Febby juga diketahui kerap membantu orang tuanya menjajakan kopi di warung sederhana milik keluarganya di Kampung Cirendeu, RT 15 RW 4, Desa Bojongjengkol, Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi.

Kondisi Febby kini dikabarkan kembali terpuruk, uang bantuan dari Presiden Jokowi habis dan hanya tersisa Rp 200 ribu. Selain untuk peralatan sekolah dan biaya sehari-hari, uang itu juga digunakan untuk kebutuhan rumah keluarganya.

"Setelah ramai dulu, Febby diajak sama Uwa ke Jakarta, sempat sekolah di SMA Barunawati di bawah Yayasan Pelni. Sekitar 5 bulan tidak dilanjutkan karena Febby kembali ke Sukabumi," kata Febby kepada detikcom, Jumat (26/3/2020).

Febby memilih kembali ke Sukabumi karena ditawari beasiswa oleh salah seorang pendidik di SMK Pelita, Kota Sukabumi. "Ditawari melalui media sosial Facebook, akhirnya Febby memilih untuk sekolah saja disini. Febby juga ngekost tidak jauh dari sekolah, sendirian di sini," imbuhnya.

Febby kemudian menceritakan sejumlah bantuan yang dulu pernah diterimanya. Dari Jokowi, yang disampaikan melalui dua orang utusannya Febby mendapat bantuan uang Rp 15 juta. Dari uang itu Febby mengaku sebagian dibelikan oleh orang tuanya untuk kebutuhan rumah.

"Waktu dari Presiden dikasih uang untuk kebutuhan sekolah Rp 15 juta, dari Bank BRI Febby enggak tahu hanya dikasih lampu meja gitu. Tapi kalau dari BRI kayaknya ibu yang tahu," kata Febby.

"Dari Presiden untuk kebutuhan sekolah, seperti alat tulis, seragam sama laptop. Ada yang diambil sama ibu Rp 6 juta katanya untuk beli mesin cuci, tapi yang lainnya enggak tahu, sekarang tersisa Rp 200 ribu," sambung Febby.

Selain itu, saat viral dulu Febby juga menerima sejumlah uang dari stasiun televisi karena diundang mengisi beberapa acara. Uang itu menurut Febby dikelola oleh orang tuanya. "Dari acara TV, ada yang Rp 1 juta, Rp 2 juta. Uangnya sama ibu diambil, sebagian dikasih ke Febby," tuturnya.

Saat ini Febby mengaku berjuang sendirian dengan menjual hasil lukisan yang ia jual secara online di media sosial Facebook dan Instagram. Namun itu juga tidak menentu, kadang bisa dapat Rp 100 ribu kadang tidak sama sekali. "Untuk biaya kosan dan makan Febby patungan dengan sahabat Febby. Makan bareung, bayar kosan patungan. Untuk sekolah jalan kaki karena memang dekat dari kosan," ucap Febby.

Febby Lissa Ayu Aryanti, gadis asal Kampung Cirendeu RT 15 RW 04, Desa Bojongjengkol, Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi, menjadi perhatian sejumlah pihak. Presiden Joko Widodo bahkan mengirim utusan untuk memberikan untuk gadis cantik jago gambar yang terpaksa putus sekolah akibat masalah ekonomi.

Febby yang sekolah hingga tingkat madrasah tsanawiyah (setingkat SMP) ini, memang mahir menggambar. Lewat tangan kirinya goresan indah sketsa wajah mampu ia ciptakan. Kepiawaian Febby menggambar sketsa wajah dibuktikannya saat menerima kunjungan staf kepresidenan utusan Presiden Jokowi yang datang memberikannya bantuan, Senin (9/3/2020).

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5