Dua Warga Ditangkap Terkait Kepemilikan 18 Ribu Benur di Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Jumat, 26 Mar 2021 18:48 WIB
Polisi mengamankan dua warga terkait kepemilikan 18 ribu benur di Sukabumi
Polisi mengamankan dua warga terkait kepemilikan 18 ribu benur di Sukabumi (Foto: Syahdan Alamsyah)
Sukabumi -

Dua orang warga inisial DS dan DD terkait kepemilikan benur sebanyak 18.800 ekor. Keduanya diamankan Kamis (25/3) malam tadi.

Kabag Ops Polres Sukabumi Kompol Suwardi mengatakan penangkapan kasus serupa sudah tiga kali berturut-turut dilakukan personel Satreskrim Polres Sukabumi.

"Bagian dari program kerja 100 hari Kapolri, jadi reskrim Sukabumi sudah tiga kali melakukan penangkapan, ini yang tadi malam. Jumlah benur yang diamankan kurang lebih 18.800 ekor," kata Suwardi didampingi Kasatreskrim AKP Rizka Fadhila, Jumat (26/3/2021).

Suwardi mengatakan pelaku inisial DS dan DD diduga sebagai kurir atau pengantar belasan ribu benur tersebut. Kepolisian sendiri masih memintai keterangan dari keduanya.

"Pelaku yang diamankan berinisial DS dan DD saat ini mereka masih proses pemeriksaan. Dari 18.800 ini sebagian dijadikan sebagai barang bukti yang sebagian berdasarkan kerjasama dengan Dinas Perikanan hari ini langsung dilepasliarkan kembali sebagaimana dengan program pemerintah yang telah berjalan," jelas Suwardi.

Pelaku dijerat dengan Undang-undang perikanan pasal 92 junto 28 ayat 1 dan atau pasal 88 junto pasal 16 ayat 1 UU RI nomor 31 tabun 2004 tentang perikanan.

"Ancaman hukuman di atas 5 tahun. Kasat reskrim sudah luar biasa tiga kali berturut turut dengan jumlah yang sangat luar biasa, cukup bangga reskrim polres Sukabumi berturut dengan rentang waktu yang singkat," pungkas Suwardi.

Simak juga video '50 Jaring Benur Diamankan Petugas di Pangandaran':

[Gambas:Video 20detik]



(sya/mud)