Dukung Petani Milenial, Ponpes di Majalengka Siapkan Lahan 11 Hektare

Bima Bagaskara - detikNews
Jumat, 26 Mar 2021 17:10 WIB
Ponpes Al-Mizan Majalengka menyiapkan lahan 11 hektare untuk program petani milenial
Ponpes Al-Mizan Majalengka menyiapkan lahan 11 hektare untuk program petani milenial (Foto: Bima Bagaskara)
Majalengka -

Program Petani Milenial telah resmi diluncurkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Untuk mendukung kelancaran program tersebut di Kabupaten Majalengka, Pondok Pesantren Al-Mizan Jatiwangi telah menyiapkan lahan seluas 11 hektare.

Pengasuh Pondok Pesantren Al-Mizan Maman Imanulhaq mengatakan program Petani Milenial diluncurkan untuk mengoptimalkan sektor pertanian dalam rangka menambah ketahanan pangan ditengah pandemi.

"Program ini diinisiasi oleh Pemprov Jabar untuk mengoptimalkan pertanian sebagai komoditas yang memiliki nilai tambah pada ketahanan pangan. Karena di masa pandemi hanya pertanian yang masih bernilai positif," kata Maman dalam kegiatan kick off Petani Milenial di Ponpes Al-Mizan Jumat (26/3/2021).

Program Petani Milenial dengan slogan 'Tinggal di Desa, Rezeki Kota, Bisnis Mendunia' diharapkan Maman juga dapat menahan laju urbanisasi masyarakat khususnya dari Kabupaten Majalengka ke kota-kota besar.

"Kita berharap kelompok petani milenial ini terjun di dunia pertanian sehingga ada kaderisasi dari petani yang sudah ada sehingga petani milenial ini mengisi ruang kosong itu dan dapat menahan laju urbanisasi," ungkap Maman.

Selain itu kata Maman, Ponpes Al-Mizan juga sudah menyiapkan lahan seluas 11 hektare untuk mendukung program Petani Milenial. Lahan 11 hektare tersebut nantinya akan digunakan untuk tempat edukasi bagi para petani milenial.

Ia juga mengatakan saat ini ada 50 kelompok petani milenial yang sudah mendapat edukasi tentang digital farming dan pemuliaan tanah yang bekerjasama dengan Bank Indonesia.

"Ada sekitar 50 kelompok petani milenial yang diedukasi oleh Al-Mizan. Kita juga kerjasama dengan Bank Indonesia untuk mengedukasi di bidang digital farming dan pemuliaan tanah," ujar Maman.

"Di Al-Mizan Wanajaya ada 11 hektare lahan yang dijadikan sebagai tempat edukasi yang nanti petani milenial dari program provinsi ini ikut pelatihan dulu sehingga target dari program ini bisa dicapai," lanjutnya.

Menurutnya juga Pondok Pesantren Al-Mizan akan segera menandatangani MOU dengan Institut Pertanian Bogor untuk mendesain komoditas yang tepat bagi petani milenial yang ada di Kabupaten Majalengka.

"Jumat depan kita akan MOU dengan IPB untuk mendesain komoditas apa yang tepat disana. Nanti rektornya langsung yang datang," tutup Maman.

(mud/mud)