detikNews
Kolom
Follow detikcom fb share fb share linked share fb share
Jadilah bagian dari Kolomnis detikcom
Kirimkan tulisan Anda seputar opini, gagasan, sudut pandang, dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Dapatkan poin dan dapatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari Kolomnis detikcom.
  • Keluar dari Perangkap Lima Persen
    Kolom

    Keluar dari Perangkap Lima Persen

    Rabu 23 Oktober 2019, 12:49 WIB Tak bisa tidak, pemerintah harus memperbaiki angka raihan pertumbuhan ekonomi nasional, jika tak mau digoyang krisis dan terjebak middle income trap.
  • Menuju Pembangunan Manusia Jilid Dua
    Kolom

    Menuju Pembangunan Manusia Jilid Dua

    Rabu 23 Oktober 2019, 11:42 WIB Pembangunan manusia menjadi fokus setiap periode pemerintahan. Capaian pembangunan manusia di era Kabinet Kerja Jilid 1 menjadi modal awal bagi Kabinet Jilid 2.
  • Andai Ada Komisi Penegak Kaidah Bahasa
    Sentilan Iqbal Aji Daryono

    Andai Ada Komisi Penegak Kaidah Bahasa

    Selasa 22 Oktober 2019, 16:45 WIB Komisi superbody yang beranggotakan para polisi bahasa itu bergerak cepat. Sebuah kantor media di Jogja digerebek. Segenap anggota tim redaksinya ditahan.
  • Potensi Kewirausahaan Santri
    Kolom

    Potensi Kewirausahaan Santri

    Selasa 22 Oktober 2019, 14:39 WIB Akhir-akhir ini terminologi kewirausahaan (entrepreneurship) diangkat menjadi pembicaraan yang cukup santer di kalangan pesantren.
  • Kontekstualisasi Peringatan Hari Santri
    Kolom

    Kontekstualisasi Peringatan Hari Santri

    Selasa 22 Oktober 2019, 12:36 WIB Kontektualisasi peringatan Hari Santri Nasional merupakan langkah utama dalam membentengi paham radikalisme yang menjadi ancaman kedaulatan NKRI.
  • Santri sebagai Duta Perdamaian Dunia
    Kolom

    Santri sebagai Duta Perdamaian Dunia

    Selasa 22 Oktober 2019, 11:33 WIB Selamat Hari Santri Nasional. Tema peringatan tahun ini dimaksudkan untuk memperkuat posisi Indonesia sebagai negara muslim moderat terbesar di dunia.
  • Bayang-Bayang Oposisi dalam Kabinet
    Kolom

    Bayang-Bayang Oposisi dalam Kabinet

    Senin 21 Oktober 2019, 14:25 WIB Kehadiran "orang baru" dalam koalisi Jokowi-Maruf menjadi masalah tersendiri bagi partai pendukung.