Terbaru di Depok, Ini Deretan Daerah Pernah Digegerkan Suara Dentuman

Tim detikcom - detikNews
Senin, 16 Mei 2022 14:40 WIB
ilustrasi telinga
Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Suara dentuman terdengar di Depok, Jawa Barat (Jabar) hari ini. Kostrad mengungkap bahwa suara itu bersumber dari meriam munisi hampa. Berikut daerah di Indonesia yang pernah digegerkan suara dentuman.

1. Depok

Heboh suara dentuman di Depok itu awalnya viral di media sosial. Pengguna media sosial menyebut dirinya mendengar suara dentuman 5 kali pagi ini.

"Ada suara dentuman tadi jam 08.00 WIB sampai 5 kali itu suara apa?," tulis salah satu akun Instagram.

"Barusan ane denger suara dentuman 5 kali di wilayah Kecamatan Cilodong di Jalan Hj. Sairan," tulis akun yang lain, seperti dikutip dari akun @depok24jam.

Serka Iyus Supyandi, Staf 1 Divif 1 Kostrad, Cilodong, Depok, mengatakan di markas sedang dilakukan gladi bersih terkait serah terima jabatan. Kegiatan tersebut menggunakan Meriam 76.

"Untuk kegiatan kami sedang melaksanakan Sertijab (serah terima jabatan). Tadi masih gladi bersih, untuk acara sertijab ya besok. Kita gunakan meriam munisi hampa," papar Serka Iyus Supyandi saat dikonfirmasi detikcom, Senin (16/5/2022).

Iyus Supyandi meminta warga untuk tidak panik perihal suara dentuman tersebut. Suara dentuman, kata dia, juga akan terdengar besok hari.

"Jadi jangan panik. Tolong sampaikan kepada warga," tuturnya.

2. Jogja

Warga Yogyakarta juga dihebohkan dengan suara dentuman pada Rabu, 9 Maret lalu. Akan tetapi, hingga kini tidak diketahui sumber suara dentuman itu.

Sejumlah warganet memposting soal dentuman misterius itu di media sosial. Ada yang menuliskan mendengar dentuman di wilayah Sleman, Kulon Progo, Jogja, bahkan Magelang.

"(Suaranya) Gembruduk terus hoer hoer. Mirip pesawat tapi bukan pesawat komersil, dan nggak keliatan di langit," ungkap warga Turi, Sleman, Dwi Iswahyudi (29), saat dimintai konfirmasi wartawan, Rabu (9/3).

Dwi mengaku mendengar suara dentuman itu pada sekitar pukul 10.15 WIB. Suara itu berasal dari arah timur dan seperti bergerak ke arah barat.

"Dari timur menuju barat. Juga terdengar di wilayah Magelang dan Kulon Progo. Godean juga Minggir," ujarnya.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) buka suara mengenai dentuman itu. BPPTKG memastikan dentuman itu bukan dari aktivitas Gunung Merapi.

"Terkait suara dentuman yang terdengar oleh sebagian besar masyarakat di Yogyakarta dan sekitarnya pada pukul ±10.00 WIB, dapat kami sampaikan bahwa kejadian tersebut tidak berkaitan dengan Merapi. Seismogram stasiun PUSS pukul ±10.00 tidak menunjukkan aktivitas yang signifikan," bunyi postingan akun BPPTKG, dikutip detikJateng, Rabu (9/3).

Sementara itu, BMKG juga melakukan pengamatan kondisi cuaca saat waktu kejadian dentuman. BMKG mencatat tidak terdapat aktivitas petir pada saat kejadian.

"Data pukul 10.25 WIB, berdasarkan deteksi alat lightning detector tidak terdapat aktivitas petir di wilayah DIY," kata Forecaster Stasiun Meteorologi (Stamet) YIA BMKG Jogja, Nurhadi, saat dihubungi detikJateng, Rabu (9/3).

Sementara itu, dari citra radar cuaca di wilayah DIY juga tidak terdapat aktivitas hujan sedang-lebat yang biasanya disertai kilat/petir. Dentuman tersebut hingga kini belum diketahui sumbernya.

Tonton video 'Heboh Dentuman Keras di Depok, Warga Diminta Tak Panik':

[Gambas:Video 20detik]



Simak berita selengkapnya pada halaman berikut.