Warga Depok Dihebohkan Dentuman, Kostrad Pastikan Suara Meriam Amunisi Hampa

Dwi Rahmawati - detikNews
Senin, 16 Mei 2022 13:15 WIB
Depok -

Media sosial diramaikan oleh suara dentuman yang terdengar di Cilodong, Ratu Jaya, Grand Depok City, hingga Cimanggis, Depok. Markas Divisi Infanteri 1 Kostrad, Cilodong, Depok, memastikan bahwa suara tersebut bersumber dari meriam amunisi hampa.

Staf 1 Divif 1 Kostrad, Serka Iyus Supyandi, mengatakan di markas sedang dilakukan geladi bersih terkait serah-terima jabatan. Kegiatan tersebut menggunakan Meriam 76.

"Untuk kegiatan kami sedang melaksanakan Sertijab (serah-terima jabatan). Tadi masih geladi bersih, untuk acara sertijab ya besok. Kita gunakan meriam amunisi hampa," papar Serka Iyus Supyandi saat dimintai konfirmasi detikcom, Senin (16/5/2022).

Nantinya, serah-terima jabatan yang akan dilakukan itu adalah jabatan Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif) lama, Mayjen TNI Dedi Kusmayadi, S.E., kepada Pangdivif yang baru, Brigjen TNI Bobby Rinal Makmun, S.IP. Ia mengatakan besok akan ada lagi suara dentuman.

"(Gunakan) TNT dan munisi. Hampa meriam 76. Mungkin besok ada ledakan lagi," sambungnya.

Untuk itu, Iyus Supyandi meminta warga tidak panik perihal suara dentuman tersebut.

"Jadi jangan panik. Tolong sampaikan kepada warga," tuturnya.

Sebelumnya diinformasikan, salah satu akun di Instagram mengungkap suara dentuman terjadi sekitar pukul 08.00 WIB. Disebut suara terdengar sampai 5 kali.

"Ada suara dentuman tadi jam 08.00 WIB sampai 5 kali itu suara apa?," tulis salah satu akun.

"Barusan ane denger suara dentuman 5 kali di wilayah Kecamatan Cilodong di Jalan Hj. Sairan," tulis akun yang lain, seperti dikutip dari akun @depok24jam.

(lir/lir)