Liz Truss PM Baru Inggris, Ini Deretan Perempuan Pemimpin Eropa

ADVERTISEMENT

Liz Truss PM Baru Inggris, Ini Deretan Perempuan Pemimpin Eropa

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Selasa, 06 Sep 2022 07:48 WIB
Jakarta -

Perdana Menteri (PM) Inggris kembali dijabat oleh seorang perempuan. Dia adalah Liz Truss (47) yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Inggris.

Dilansir AFP dan Reuters Selasa (6/9/2022), Truss menggantikan Boris Johnson yang menjabat sebagai PM Inggris sebelumnya. Truss mengalahkan pesaingnya Rishi Sunak dalam pemungutan suara para anggota parlemen Partai Konservatif.

Berikut deretan perempuan yang memimpin di Eropa saat ini:

1. PM Inggris Liz Truss

Liz Truss keluar sebagai pemenang dengan mengantongi 81.326 suara. Sementara, Rishi Sunak harus kalah dengan 60.399 suara.

"Saya akan menyampaikan rencana berani untuk memotong pajak dan menumbuhkan ekonomi kita," kata Liz Truss setelah hasilnya diumumkan.

Truss adalah PM wanita ketiga Inggris. Pertama adalah Margaret Thatcher atau yang biasa dijuluki 'Iron Lady' yang memimpin pada 1979-1990. Kedua adalah Theresa May, yang memerintah dari 2016 hingga 2019. Ketiganya dari Partai Konservatif.

2. PM Denmark Mette Frederiksen

Pemimpin Sosial Demokrat Mette Frederiksen menjadi perdana menteri termuda di negaranya pada Juni 2019. Dia terpilih sebagai perdana menteri pada usia 41 tahun.

Sebelum Frederiksen, Perdana Menteri wanita pertama Denmark adalah Helle Thorning-Schmidt yang juga dari Partai Sosial Demokrat. Thorning-Schmidt menjabat dari 2011 hingga 2015.

3. PM Estonia Kaja Kallas

PM Estonia saat ini juga dijabat oleh seorang perempuan yakni Kaja Kallas. Kallas menjadi PM wanita pertama di Estonia.

Kallas menjabat sejak Januari 2021 lalu. Ayahnya Siim Kallas adalah perdana menteri dari 2002-2004.

Sementara itu, mantan auditor UE Kersti Kaljulaid (52) menjadi presiden wanita pertama negara Baltik Estonia pada Oktober 2016. Jabatan tersebut sebagian besar bersifat seremonial.

Kaljulaid menjabat sebagai Presiden Estonia hingga Oktober 2021. Presiden Estonia saat ini dijabat oleh Alar Karis.

4. PM Finlandia Sanna Marin

Selanjutnya, PM Finlandia juga dijabat oleh seorang perempuan. Pada Desember 2019, Sanna Marin, seorang Sosial Demokrat, menjadi perdana menteri termuda di dunia pada usia 34 tahun.

Perdana menteri wanita ketiga Finlandia itu telah menjadi berita utama baru-baru ini karena foto-fotonya yang menari dan berpesta dengan teman-teman. Foto itu beredar luas dan viral di media sosial.

Sanna Marin kemudian memberikan pembelaan setelah kritik yang dipicu oleh video pesta dirinya beredar di media sosial. Sambil menangis, Sanna Marin menyebut dirinya manusia biasa yang tak lepas dari kehidupan pribadi.

"Saya manusia. Dan saya juga terkadang merindukan kegembiraan, kenyamanan dan kesenangan di tengah suasana gelap," kata Sanna Marin sambil menahan air mata di acara Partai Sosial Demokrat (SDP) seperti dilansir AFP, Kamis (25/8).

"Ini pribadi, kegembiraan, dan kehidupan," katanya. "Tapi aku tidak melewatkan satu hari pun kerja," imbuhnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT