ADVERTISEMENT

Presiden Ukraina Pecat Dubes Jerman dan Sejumlah Dubes Lainnya

Rita Uli Hutapea - detikNews
Senin, 11 Jul 2022 14:33 WIB
Ukrainian President Volodymyr Zelenskiy attends a joint statement with European Commission President Ursula, as Russias invasion of Ukraine continues, in Kyiv, Ukraine June 11, 2022. REUTERS/Valentyn Ogirenko
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (Foto: REUTERS/Valentyn Ogirenko)
Jakarta -

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memberhentikan Duta Besar (Dubes) Ukraina untuk Jerman serta beberapa dubes lainnya.

Dilansir dari kantor berita Reuters, Senin (11/7/2022), dalam sebuah dekrit yang diposting di situs web kepresidenan, Zelensky mengumumkan pemecatan Dubes Ukraina untuk Jerman, India, Republik Ceko, Norwegia dan Hongaria. Dekrit tersebut tidak menyebutkan alasan pemecatan para dubes tersebut.

Juga tidak jelas apakah para dubes yang diberhentikan itu akan mendapat pekerjaan baru.

Sebelumnya, Zelensky telah mendesak para diplomatnya untuk menggalang dukungan internasional dan bantuan militer untuk Ukraina, seiring negara itu terus berjuang untuk menangkis invasi Rusia yang dimulai sejak 24 Februari.

Hubungan Ukraina dengan Jerman, yang sangat bergantung pada pasokan energi Rusia dan juga ekonomi terbesar Eropa, telah menjadi masalah sensitif tertentu.

Kedua negara saat ini berselisih soal turbin buatan Jerman yang tengah menjalani perawatan di Kanada. Pemerintah Jerman ingin Kanada mengembalikan turbin tersebut ke raksasa gas alam Rusia, Gazprom untuk memompa gas ke Eropa.

Namun, pemerintah Ukraina telah mendesak Kanada tetap menyimpan turbin tersebut, dengan menyatakan bahwa pengiriman turbin ke Rusia akan menjadi pelanggaran sanksi yang dikenakan pada Moskow.

Lihat video 'Detik-detik Roket Rusia Hancurkan Gudang Senjata Ukraina':

[Gambas:Video 20detik]



(ita/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT