Pidato Perdana PM Inggris Liz Truss, Puji Boris Johnson

ADVERTISEMENT

Pidato Perdana PM Inggris Liz Truss, Puji Boris Johnson

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Senin, 05 Sep 2022 19:19 WIB
Britains Foreign Secretary Liz Truss speaks during the Conservative Party Spring Conference at Blackpool Winter Gardens in Blackpool, northwest England, on March 19, 2022. (Photo by Paul ELLIS / AFP)
PM Inggris terpilih Liz Truss (AFP/PAUL ELLIS)
London -

Liz Truss terpilih sebagai Perdana Menteri (PM) Inggris menggantikan Boris Johnson. Dia mendapatkan 57 persen suara dari para anggota Partai Konservatif mengalahkan Rishi Sunak yang mendapatkan 43 persen.

Dilansir CNN, Senin (5/9/2022), Truss di tahun sebelumnya mengemban amanah sebagai menteri luar negeri Boris yang menjadi PM Inggris. Dalam pidato awalnya pun Truss mengapresiasi Boris.

"Boris, Anda telah membereskan Brexit, mengalahkan Jeremy Corbyn, meluncurkan vaksin, dan Anda menentang Vladimir Putin. Anda dikagumi dari Kyiv hingga Carlisle," ucap Truss.

"Saya tahu bahwa keyakinan kami beresonansi dengan orang-orang Inggris. Saya berkampanye sebagai Konservatif dan saya akan memerintah sebagai Konservatif," imbuhnya.

Dengan terpilihnya Liz Truss, Boris Johnson rencananya akan melakukan perjalanan ke Skotlandia untuk bertemu Ratu Elizabeth besok untuk secara resmi mengajukan pengunduran dirinya. Liz Truss juga akan menemui Ratu Elizabeth untuk menyampaikan pembentukan pemerintahannya.

(dhn/tor)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT