ADVERTISEMENT

Sinyal Kerja Sama Puan dan Cak Imin dari Warung Pecel

Tim detikcom - detikNews
Senin, 26 Sep 2022 08:01 WIB
Puan dan Cak Imin makan pecel bareng di Kalibata
Foto: Puan Maharani dan Cak Imin makan pecel bareng di Kalibata (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Jakarta -

Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) berbincang-bincang di warung pecel seberang TMP Kalibata, Jakarta Selatan. Rupanya, obrolan itu memunculkan sinyal kerja sama antar keduanya dalam kontestasi Pilpres 2024 mendatang.

Diketahui, pertemuan keduanya itu telah direncanakan. Pertemuan Puan dan Cak Imin diawali dengan berziarah ke makam mendiang ayah Puan, Taufiq Kiemas di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (25/9/2022).

Mereka tidak hanya berdua, baik Puan dan Cak Imin didampingi sejumlah jajarannya masing-masing di DPP. Cak Imin tiba lebih dulu di TMP Kalibata sekitar pukul 07.44 WIB mengenakan baju putih dan peci hitam. Sementara Puan tiba pukul 07.53 WIB dengan berpakaian serba hitam dan selendang putih sebagai penutup kepalanya.

Puan dan Cak Imin kemudian melantunkan surat Yasin dilanjutkan dengan doa dan tahlil. Setelah selesai, keduanya melakukan tabur bunga bareng dan mengelus batu nisan Taufiq Kiemas. Tak hanya itu, tabur bunga juga dilakukan di makam orang tua dari Taufiq Kiemas.

Rayakan Ultah Cak Imin

Setelah berziarah, Puan dan Cak Imin bergegas ke seberang TMP Kalibata untuk menyantap sarapan pagi. Keduanya nampak serasi berjalan bersama menyeberang zebra cross.

Ada momen menarik saat keduanya berjalan di zebra cross. Puan maupun Cak Imin nampak berjalan di zebra cross bak 'fashion week' menuju ke warung pecel seberang TMP Kalibata.

Puan kala itu menyebut akan sarapan pagi bersama Cak Imin di seberang TMP Kalibata usai berziarah. Puan menyebut akan makan pecel.

"Mau makan pecel," kata Puan.

Puan dan Cak Imin tiba di warung pecel yang tak jauh dari TMP Kalibata. Saat tiba, Puan terlihat membawa kue ulang tahun lengkap dengan hiasan lilin di atasnya. Rupanya, Puan memberikan kue ulang tahun kepada Cak Imin yang pada 24 September kemarin genap berusia 56 tahun.

Puan serta jajaran elite PDIP dan PKB yang hadir saat itu pun sontak menyanyikan lagu selamat ulang tahun karya penyanyi Jamrud. Cak Imin, lalu memberikan potongan kue pertama kepada Puan.

Setelah itu, Cak Imin pun membeberkan doanya di ulang tahun kali ini. Doa ulang tahun Cak Imin pun tak kaleng-kaleng. Di hadapan Puan, Cak Imin berdoa agar bisa menjadi wakil presiden.

"Moga-moga doanya terkabul dan saya minimal jadi wakil presiden," kata Muhaimin yang kemudian disambut gelak tawa elite PKB dan PDIP.

Cak Imin berterima kasih telah diberi kue ulang tahun oleh Puan dan jajaran elite PDIP. Cak Imin mengaku terharu.

"Saya terima kasih Mba Puan inget ulang tahun saya hari ini diberi kue, teman-teman Pak Bambang Pacul, Pak Utut terima kasih disiapkan ulang tahun," kata Cak Imin.

Elite PKB yang mendengar pernyataan itu terlihat melontarkan celetukan 'geser dong dari capres'. Cak Imin menyebut partainya kalah besar.

"Minimal (wapres). Ini malah 'kok geser jadi wakil presiden katanya presiden', partainya kalah gede," ujar Cak Imin.

Makan Pecel Bareng

Puan dan Cak Imin sama-sama memesan pecel. Puan mengaku merasa cocok dengan Cak Imin karena memiliki kesukaan yang sama.

"Iya (makan pecel). Ya cocoklah pastinya, sama-sama, kesukaan sama cielah," ungkap Puan.

PDIP dan PKB Partai Wong Sandal Jepit

Puan mengatakan ada persamaan antara partainya dengan PKB. Ketua DPR RI itu menyebut kesamaan itu yakni sama-sama partai 'sandal jepit'.

Keduanya memilih tempat sarapan di warung pinggir jalan dengan makan pecel. Puan mengatakan tidak canggung memilih makan di tempat itu karena sama-sama partai wong sandal jepit.

"Jadi, kalau biasanya pertemuannya itu di kantor di rumah, ini kok malah di tempat pecel ya ini karena kami PKB dan PDI Perjuangan itu partainya wong sandal jepit, wong cilik di grassroot (akar rumput) itu kami selalu bersama," kata Puan.

Tak hanya itu, Puan menilai, baik PDIP maupun PKB merupakan partai dari akar rumput. Meski keduanya kerap bertemu di DPR, Puan menyebut pertemuannya dengan Cak Imin begitu spesial dan berharap komunikasi baik ke depan.

"Memang begitu grassroot PDI Perjuangan dan grassroot PKB. Jadi kalau bisa saya sampaikan, ini adalah satu pertemuan yang sangat baik, silaturahmi yang sangat baik, tapi pastinya walaupun sering ketemu, di DPR juga sering ketemu, di acara-acara sering ketemu," kata Puan.

"Pertemuan ini spesial, bukan hanya karena Cak Imin juga lagi berulang tahun, tapi pertemuan ini merupakan suatu momentum bahwa kami menyepakati ke depannya akan mencoba mencari kebersamaan yang sama sehingga memang bisa membangun bangsa dan negara bersama sama," tambahnya.

Simak video 'Doa Jadi Wapres Diaminkan Puan, Cak Imin: Tanya Pak Prabowo Dulu':

[Gambas:Video 20detik]



Baca halaman selanjutnya soal doa Cak Imin di ultah 56 tahun dan sinyal kerja sama PDIP-PKB>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT