ADVERTISEMENT

Puan dan Cak Imin Makin Kompak, Ini Elektabilitasnya di Survei Pilpres

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Minggu, 25 Sep 2022 14:26 WIB
Puan Maharani dan Cak Imin (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Puan Maharani dan Cak Imin di TMP Kalibata, Minggu (25/9/2022). (Foto: Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Jakarta -

Ketua DPR RI sekaligus Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) memamerkan momen kompak pagi ini. Keduanya ziarah bareng, sarapan, hingga Puan merayakan ulang tahun Cak Imin.

Dalam momen itu, Cak Imin merespons pertanyaan jika dipasangkan jadi calon wakil presiden (cawapres) dengan Puan. Cak Imin berkelakar akan bertanya ke Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto terlebih dahulu sebagai ketum parpol sekoalisi.

"Ya nanti tanya Pak Prabowo dulu. Ha-ha-ha...," kata Cak Imin di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (25/9/2022).

Puan menanggapi pernyataan Cak Imin yang ingin menjadi calon wakil presiden. Puan mengamini dan turut mendoakan agar keinginan itu terwujud.

"Ya saya ikut mendoakan, insyaallah amin," kata Puan.

Cak Imin, yang berdiri di samping Puan, juga menyampaikan doa. Cak Imin berdoa Puan Maharani bisa menjadi presiden.

"Kita mendoakan Mba Puan jadi presiden," kata Cak Imin.

Momen pertemuan Puan dan Cak Imin itu memantik kemungkinan menjalin kerja sama di pemilu 2024. Berapa elektabilitas keduanya di deretan survei terkini?

Survei Charta

Lembaga survei Charta Politika merilis survei elektabilitas bakal calon presiden (capres) 2024. Dalam survei itu, tingkat elektabilitas Puan Maharani tak masuk lima besar.

Dalam rilisnya yang digelar secara daring, Kamis (22/9/2022), survei Charta Politika dilakukan melalui wawancara tatap muka atau face to face interview dengan metode sampling multistage random sampling.

Survei dilakukan pada 6-13 September 2022 dengan jumlah sampel sebanyak 1.220 dengan margin of error 2,82%. Kriteria responden berusia minimal 17 tahun atau sudah memenuhi syarat pemilih.

Tingkat elektabilitas Puan berada di urutan keenam dengan angka sebesar 2,4%. Sementara, nama Cak Imin tak muncul di deretan tingkat elektabilitas capres di survei.

Responden diberikan pertanyaan: Jika pemilihan presiden diadakan sekarang, siapa yang akan Bapak/Ibu/Saudara pilih sebagai Presiden di antara nama-nama berikut ini?

Ganjar Pranowo 31,1%
Prabowo Subianto 24,4%
Anies Baswedan 20,6%
Ridwan Kamil 7,2%
Sandiaga Uno 2,5%
Puan Maharani 2,4%
Agus Harimurti Yudhyono 2,2%
Airlangga Hartarto 1,7%
Erick Thohir 1,6%
Khofifah I Parawansa 1,1%
TT/TJ 4.9%

Survei POLSTAT

Lembaga survei Political Statistics (POLSTAT) merilis survei elektabilitas calon presiden (capres). Nama Puan dan Cak Imin muncul di deretan tingkat elektabilitas capres.

Survei dilakukan pada 1-10 September 2022 dengan jumlah sampel responden sebanyak 1.200 orang yang berusia di atas 17 tahun. Margin of error dari survei ini sebanyak +/- 2,83 persen dengan klaim tingkat kepercayaan 95%. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara tatap muka. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (multistage random sampling).

Puan memperoleh suara sebesar 4,8% di urutan keenam. Cak Imin berada di posisi buncit. Elektabilitas hanya sebesar 2,3%, persis di atas nama Menparekraf Sandiaga Uno.

Responden survei POLSTAT diberi pertanyaan, 'Jika pemilihan presiden dilaksanakan hari ini, siapakah yang akan dipilih dari 10 orang tokoh berikut ini?'

- Prabowo Subianto: 31,2%
- Ganjar Pranowo: 19,8%
- Anies Baswedan: 17,5%
- Ridwan Kamil: 7,5%
- Agus Harimurti Yudhoyono (AHY): 5,4%
- Puan Maharani: 4,8%
- Airlangga Hartarto: 4,2%
- Erick Thohir: 3,5%
- Muhaimin Iskandar: 2,3%
- Sandiaga Uno: 1,8%
- Tidak jawab/tidak tahu: 2.0%

"Hasil survei POLSTAT menegaskan bahwa Prabowo Subianto memiliki tingkat elektabilitas paling signifikan alias tertinggi dibandingkan tokoh-tokoh lain yang disebut-sebut bakal maju dalam kontestasi Pilpres 2024," kata Zaki dalam rilis survei secara daring, Jumat (16/9/2022) lalu.

Polstat juga melakukan survei capres berdasarkan tokoh sentral partai politik. Nama Puan berada di urutan kedua setelah Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. Sementara Cak Imin berada di urutan ketujuh dengan tingkat elektabilitas sebesar 1,9%.

Responden diberi pertanyaan, 'Jika pemilihan presiden dilaksanakan hari ini dan hanya diikuti oleh para tokoh sentral partai-partai politik, siapakah yang akan Anda pilih?'

- Prabowo Subainto: 34,2%
- Puan Maharani: 20,5%
- Airalngga: 17,3%
- AHY: 15,9%
- Surya Paloh: 2,5%
- Amhad Syaikhu: 2,1%
- Muhaimin Iskandar: 1,9%
- Zulkifli Hasan: 0,8%
- Suharso: 0,2%
- Tidak jawab/tidak tahu: 4,6%

"Hasil survei POLSTAT mengindikasikan bahwa bagian terbesar responden atau 34,2% mengaku akan memilih Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto," katanya.

Simak hasil survei selengkapnya di halaman berikut.

Simak Video: Puan Sudah Punya Incaran Cawapres, Ini Kriterianya

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT