ADVERTISEMENT

detik's Advocate

Apakah Boleh Saya Menghibahkan Seluruh Harta Sebelum Meninggal?

Andi Saputra - detikNews
Jumat, 04 Feb 2022 08:42 WIB
Ilustrasi warisan
Foto: Ilustrasi harta warisan (Getty Images/iStockphoto/Thitiphat Khuankaew)
Jakarta -

Permasalahan keluarga salah satunya bermula dari persengketaan harta warisan. Salah satunya status rumah peninggalan orang tua. Bagaimana pembagiannya?

Hal itu menjadi pertanyaan pembaca detik's Advocate yang dikirim ke email: redaksi@detik.com dan di-cc ke andi.saputra@detik.com. Berikut pertanyaannya:

Pak saya NN,
Sebelumnya saya ucapkan terima kasih untuk detik.com yang membuat rubrik tanya-jawab masalah hukum.

Assalamualaikum.

Saya mau menanyakan,

Almarhum ayah saya meninggalkan sebuah rumah lumayan untuk ke 6 anaknya sebelum meninggal (hasil kerja keras dan bukan warisan dari mertua/orang tua bersama ibu kandung saya).

Awal ceritanya, ayah saya bercerai dengan ibu dan masing-masing sudah menikah lagi. Saat dimintai gono-gini rumah tersebut ibu saya menolak dengan alasan untuk anak-anak (dan memang saat itu ke-6 anak bersama ibu yang masih belum menikah lagi dan ayah saya sudah menikah lagi).

Selang 2 tahun bercerai, ayah saya meninggal dan saya dan adik-adik saya ditelantarkan oleh ibu karena menikah lagi dan sekarang memiliki 3 orang anak (ada yang ikut nenek, ada 2 adik yang saya sekolahkan sampai besar, lainnya menikah muda masing-masing).

Kami berenam tidak ada yang pernah mempersoalkan rumah tersebut walaupun dikontrakan bertahun-tahun dan uang hasilnya dinikmati bersama suami baru dan ketiga anaknya. Permasalahnya sekarang, saya dengar akan dijual dan mau dibelikan kos-kosan buat masa tua bersama anak-anak bersama suami barunya karena surat-surat SHM atas nama ibu saya.

Yang saya tanyakan pak.

Apakah itu disebut hibah dari ayah saya, sehingga anak-anak dari almarhum ayah saya bisa dapat/tidak hak waris tergantung ibu sesukanya memberi (karena saya dan beberapa adik ada yang cekcok dengan ibu)?

Lihat juga video 'Apakah Asuransi Masuk Harta Warisan?':

[Gambas:Video 20detik]



Simak pertanyaan NN selengkapnya di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT