Round-Up

Arogansi Mahasiswi Terobos Busway Bikin Porsche Miliknya Disita

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 27 Apr 2021 02:59 WIB
Jakarta -

Polisi menilang SA (27), mahasiswi pengemudi Porsche usai viral terobos busway di Jl Sultan Iskandar Muda, Gandaria, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Polisi menyita mobil Porsche B-2204-MA yang dikemudikannya saat itu.

Sebetulnya, ada beberapa pilihan yang bisa disita polisi sebagai barang bukti terkait pelanggaran lalu lintas, mulai dari SIM, STNK atau kendaraan jika kendaraanya tak dilengkapi surat-surat yang sah. Di kasus SA ini, polisi menyita Porsche sebagai barang bukti meski surat kendaraannya lengkap.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan pihaknya menyita mobil Porsche sebagai barang bukti di kasus SA ini dengan alasan agar menimbulkan efek jera.

"Untuk memberikan efek jera kepada masyarakat," kata Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan di kantor Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (26/4/2021).

Penyitaan barang bukti sendiri adalah kewenangan penyidik Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya. Penyidik punya kewenangan menentukan apa yang mau dijadikan sebagai barang bukti tilang.

"(Penentuan barang bukti yang disita) rata-rata memang tergantung dari berat-ringannya pelanggaran, maupun berdasarkan pertimbangan dari penyidik. Dalam hal ini pelanggaran ini, maka pertimbangan penyidiklah yang kemudian melakukan penindakan dengan tilang dengan penyitaan barang bukti adalah kendaraannya," jelasnya.

Disita hingga Proses Sidang Selesai

Mobil Porsche tersebut disita di Polda Metro Jaya sampai proses sidang tilang selesai dan pengemudi menyelesaikan pembayaran denda tilang.

"(Ditahan) sampai proses sidang tilangnya diselesaikan," kata Sambodo.

Sidang tilangnya sendiri sudah dijadwalkan. Sementara pengemudi Porsche sudah melakukan pembayaran denda tilang atas pelanggarannya.

"Kalau sidang tilangnya sudah dijadwalkan, tapi yang bersangkutan sudah melakukan pembayaran denda tilang," ucapnya.

Setelah proses sidang selesai dan pengemudi telah melaksanakan kewajibannya membayar denda tilang, mobil Porsche bisa diambil lagi oleh pemiliknya. Tentunya, dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

"Sudah bisa diambil. Tentu ada untuk pengambilan kendaraan ada syarat-syaratnya yang harus dipenuhi, menunjukkan STNK-nya, menunjukkan SIM-nya, segala macam," kata Sambodo.

Halaman selanjutnya, alasan polisi tak menahan pengemudi Porsche

Selanjutnya
Halaman
1 2 3