Cerita di Balik Penangkapan Pengemudi Porsche Arogan, Ada Peran E-TLE

Rahmat Fathan - detikNews
Senin, 26 Apr 2021 12:52 WIB
Polisi tilang pengemudi Porsche yang menerobos busway di Gandaria
Foto: Polisi tilang pengemudi Porsche yang menerobos busway di Gandaria (Fathan/detikcom)
Jakarta -

Insiden mobil mewah Porsche menerobos busway di Jl Sultan Iskandar Muda, Gandaria, Jaksel, menyita perhatian publik. Polisi sempat kesulitan mengidentifikasi pengemudi karena minim petunjuk saat itu.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan, peristiwa itu sebetulnya terjadi pada Minggu 18 April 2020 sekitar pukul 14.57 WIB, namun baru viral beberapa hari kemudian.

"Memang viral, ada yang upload hari Rabu, Kamis, dan viral di hari Jumat. Tetapi kejadiannya terjadi pada Minggu 18 April 2021 pukul 14.57, TKP di Jalan Sultan Iskandar Muda, Gandaria, Jakarta Selatan. Kendaraan Porsche jenis Boxter B-2204-MA dengan kepemilikan atas nama BK dan mobil ini memang betul tercatat di Polda Metro Jaya," jelas Sambodo kepada wartawan di kantor Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (26/4/2021).

Sambodo menjelaskan, pengemudi Porsche saat itu melanggar rambu lalu lintas dengan melintasi jalur busway. Pengemudi Porsche sempat berhenti untuk berupaya mundur agar keluar dari busway.

"Namun terhalang oleh bus Transjakarta dan terlihat juga sopirnya sempat meminta sopir Transjakarta untuk mundur," katanya.

Kejadia ini viral di media sosial, kemudian polisi melakukan penyelidikan. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya membentuk 2 tim khusus untuk melacak dan menindak pengemudi Porsche tersebut.

"Awalnya penyidik kesulitan, karena di video itu tidak jelas pelat nomornya berapa. Akhirnya saya bentuk dua tim, satu tim menelusuri data di TKP, satu tim menelusuri data di yang ada di kami," tuturnya.

Di sisi lain, polisi juga menelusuri pengemudi bus Transjakarta untuk dimintai keterangan. Polisi juga meminta keterangan dari pihak Transjakarta dengan maksud untuk mencari rekaman CCTV guna mengidentifikasi pelat nomor Porsche tersebut.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2