Polisi Jelaskan Alasan Tak Tahan Pengemudi Porsche Penerobos Busway

Rahmat Fathan - detikNews
Senin, 26 Apr 2021 11:18 WIB
Polisi tilang pengemudi Porsche yang menerobos busway di Gandaria
Foto: Polisi tilang pengemudi Porsche yang menerobos busway di Gandaria (Fathan/detikcom)
Jakarta -

Polisi telah menilang pengemudi Porsche B-2204-MA yang menerobos busway di Jl Sultan Iskandar Muda, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Polisi menjelaskan alasan pengemudi perempuan berinisial SA itu hanya ditilang dan tidak ditahan.

"Kemarin ada yang menanyakan, apakah pengemudinya ditahan? Ini adalah pelanggaran lalu lintas," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di di Gedung Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, Pancoran, Jaksel, Senin (26/4/2021).

Yusri menjelaskan, si pengemudi Porsche juga telah membuat pernyataan. Pengemudi Porsche dijerat Pasal 287 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

"Kemarin setelah bikin pernyataan sesuai pasal 287 kita kenakan di sini, dendanya Rp 500 ribu dan sudah ditilang oleh Polda Metro Jayam karena itu adalah pelanggaran," katanya.

Dalam kasus ini Polda Metro Jaya mengamankan mobil Porsche sebagai barang bukti.

Berikut ini bunyi pasal tersebut:

"Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang melanggar aturan perintah atau larangan yang dinyatakan dengan Rambu Lalu Lintas atau Marka Jalan dipidana dengan pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500.000."

Dalam kesempatan yang sama, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan peristiwa penerobosan busway oleh Porsche itu ternyata terjadi pada Minggu 18 April 2021.

"Video itu viral minggu lalu, ada yang sudah upload hari Rabu, Kamis dan viral hari Jumat. Tetapi, sesungguhnya kejadiannya mobil masuk busway itu tanggal 18 April 2021 hari Minggu pukul 14.47, TKP-nya id Jl Sultan Iskandar Muda, Gandaria," kata Sambodo.

Sambodo juga menegaskan bahwa mobil Porsche jenis Boxter bernopol B-2204-MA tercatat di Polda Metro Jaya. Dengan kata lain, kendaraan tersebut tidak bodong.

Seperti diketahui, video mobil Porsche menerobos busway di Jl Iskandar Muda, Gandaria, Jaksel ini viral di media sosial. Polisi bergerak cepat menelusuri kejadian viral tersebut.

Polisi kemudian mengamankan pengemudi Porsche tersebut pada Sabtu (24/4) di kawasan Jakarta Selatan. Pengemudi Porsche kemudian diperiksa selama 2 jam di Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya dan ditilang.

Simak juga video 'Pengemudi Porsche Penerobos Busway Ditangkap, Ini Tampangnya':

[Gambas:Video 20detik]



(mea/mea)