Pengemudi Porsche Arogan di Jaksel Mahasiswi, Sempat Tak Kooperatif

Rahmat Fathan - detikNews
Senin, 26 Apr 2021 13:23 WIB
Jakarta -

Polisi mengungkap SA (27), perempuan pengemudi Porsche yang menerobos busway di Gandaria, Jaksel, adalah seorang mahasiswi. SA sempat tidak kooperatif saat polisi hendak menyita kendaraannya.

"Tim penyidik setelah mengidentifikasi melalui nomor kendaraan yang ditemukan, kemudian mendatangi si pemilik, ada sedikit kendala karena kurang kooperatif dari pihak pemilik kendaraan," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Subdit Gakkum Ditlantas PMJ Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (26/4/2021).

Yusri mengatakan mobil mewah berwarna putih itu milik orang tua SA. Menurut Yusri, awalnya SA tidak mengaku telah menerobos busway.

"Kendaraan tersebut berada di rumah orang tuanya. Memang tidak dikhususkan kepada satu orang, jadi anak-anaknya bebas memakai kendaraan tersebut. Sehingga pada saat tim datang ke sana, awalnya tidak mengakui bahwa dia yang mengemudikan pada saat itu," ucap Yusri.

Setelah melakukan pendalaman dan berbagai pemeriksaan, pelaku pun mengakui perbuatannya. Pada kesempatan yang sama, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menyebut pelakunya seorang mahasiswi berinisial AS.

"Profesinya mahasiswa, kelahiran tahun '94, usianya 27 tahun," kata Sambodo.

Lalu, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar menyebut AS juga tak memberikan banyak informasi kepada penyidik. Meski begitu, AS telah mengakui perbuatannya.

"Jadi pada saat interogasi awal tidak memberikan informasi, tidak mau ke kantor. Jadi tidak banyak informasi yang diberikan oleh pelanggar. Tapi dia mengakui kesalahannya dan juga sudah membuat surat pernyataan," tutur Fahri.

Pengemudi Porsche tersebut ditilang atas pelanggaran rambu lalu lintas Pasal 287 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Sedangkan kendaraannya disita sementara oleh polisi.

Untuk diketahui, kejadian viral itu terjadi di jalur TransJakarta (busway) Jl Sultan Iskandar Muda, Jaksel, pada Minggu (18/4). Selain menerobos busway, pengemudi Porsche meminta bus TransJakarta mundur saat itu.

(mea/mea)