ADVERTISEMENT

Round-Up

13 Fakta OTT yang Bikin Menteri KKP Edhy Prabowo Dijerat KPK

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Rabu, 25 Nov 2020 19:32 WIB
Menteri KKP Edhy Prabowo
Menteri KKP Edhy Prabowo (Foto: dok. KKP)

Geledah Kantor KKP-Rumah: Kalau Tidak Buka, Kami Dobrak!

Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan siang ini didatangi sejumlah penyidik dari KPK menyusul penangkapan Menteri Edhy Prabowo.

Pantauan detikcom, Rabu (25/11/2020), pukul 13.00 WIB, sejumlah penyidik dari KPK itu mendatangi kantor KKP, Gambir, Jakarta Pusat. Menggunakan satu mobil, mereka yang terdiri atas lima orang.

Penyidik KPK ini dihalangi ketika hendak masuk ke kantor KKP. Sempat terjadi cekcok antara petugas keamanan dan penyidik KPK.

"Ditunggu 5 menit, kalau tidak dibuka, saya dobrak nanti," kata salah seorang penyidik KPK.

"Bapak jangan halang-halangi, lho," lanjut penyidik lain.

Setelah beberapa saat, pintu pagar pun dibuka oleh pihak keamanan kantor. Para penyidik KPK ini pun masuk. Terlihat ada sejumlah berkas yang dibawa penyidik KPK ini.

Selang beberapa menit kemudian, ada 1 mobil lagi yang masuk ke kantor KKP. Namun belum diketahui apakah mobil tersebut juga berisi penyidik KPK atau bukan.

Tim KPK juga menyambangi rumah dinas Edhy Prabowo di Jalan Widya Chandra V No 26, Jakarta Selatan. Mobil itu datang pukul 14.55 WIB. Sampai di depan rumah dinas, dua mobil berpelat B-2230-UKB dan B-2253-UFK langsung masuk ke halaman rumah.

Dua mobil itu sempat berhenti dan berbincang kepada petugas keamanan beberapa saat dan langsung masuk ke dalam. Tidak diketahui pasti jumlah orang yang datang. Namun yang jelas terlihat ada lebih dari tiga orang.

Jokowi Hormati Proses Hukum KPK

Mengenai penangkapan Edhy Prabowo, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghormati proses hukum yang berjalan. Jokowi juga percaya akan transparansi KPK.

"Kita menghormati proses hukum yang tengah berjalan di KPK. Saya percaya KPK bekerja transparan, terbuka, dan profesional," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (25/11).

Jokowi yakin KPK bekerja secara profesional dan transparan. Dia juga menegaskan dukungan pemerintah terhadap upaya pemberantasan korupsi.

Daftar Pejabat KKP yang Ikut Edhy Prabowo ke AS

Edhy Prabowo ditangkap KPK sepulang dari Amerika Serikat. Dilaporkan ada 3 pejabat KKP juga yang ikut dalam kunjungan Edhy Prabowo ke AS itu.

Tercatat 3 pejabat KKP itu yakni Dirjen Perikanan Budidaya Slamet Soebjakto, Plt. Dirjen Perikanan Tangkap Muhammad Zaini Hanafi, serta Direktur Pemantauan dan Operasi Armada Ditjen PSDKP Pung Nugroho Saksono.

Kunjungan Edhy Prabowo ke AS ini bertujuan memperkuat kerja sama bidang kelautan dan perikanan dengan salah satu lembaga riset di negara adidaya tersebut. Kerja sama ini dalam rangka mengoptimalkan budi daya udang secara berkelanjutan di Indonesia.

Menteri Edhy bertolak ke AS pada Selasa (24/11) malam dan transit di Korea Selatan. Ia tiba di Los Angeles, Amerika Serikat, pada Rabu (25/11).

"Selasa malam Pak Menteri bersama pendamping bertolak dan transit dulu di Korea Selatan. Alhamdulillah telah tiba di Los Angeles untuk transit menjalani tes PCR/swab sebagai syarat wajib masuk Hawaii," kata Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Luar Negeri KKP, Agung Tri Prasetyo, dalam keterangan tertulis yang diunggah laman resmi kkp.go.id pada Kamis (19/11).


(aan/idn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT