Edhy Prabowo Jadi Menteri Ketiga Era Jokowi yang Tersandung KPK

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 25 Nov 2020 16:23 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo
Menteri KKP Edhy Prabowo (Foto: Ibnu Hariyanto/detikcom)
Jakarta -

Lama tak terdengar tentang operasi tangkap tangan (OTT), KPK langsung menggebrak dengan menangkap seorang menteri. Adalah Edhy Prabowo yang menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) dijerat KPK dalam operasi senyap.

Penangkapan Edhy diamini Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango. Edhy ditangkap bersama dengan istrinya, Iis Rosita Dewi, sepulangnya dari Amerika Serikat (AS).

"Benar kita telah mengamankan sejumlah orang pada malam dan dini hari tadi," kata Nawawi pada Rabu (25/11/2020).

Awalnya ada 13 orang yang diamankan, tapi sejumlah orang kemudian dilepas. Mereka ditangkap setelah pesawat yang membawa rombongan dari AS itu mendarat di Bandara Soekarno-Hatta.

Seorang sumber menyebutkan penyidik KPK Novel Baswedan turut terlibat dalam penangkapan Edhy Prabowo.

"Tadi sekitar jam 1 malam terlihat Edhy Prabowo dibawa ke KPK. Terlihat juga Novel Baswedan penyidik senior KPK sampai larut malam di KPK," ujar sumber tersebut.

Edhy Prabowo ditangkap atas dugaan kasus ekspor benur. Hingga saat ini Edhy Prabowo masih diperiksa oleh tim KPK.

Status Edhy Prabowo dan orang-orang yang masih diamankan KPK adalah sebagai terperiksa. KPK memiliki waktu 1 x 24 jam untuk menentukan status hukum mereka.

Di sisi lain Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung angkat bicara perihal ini. Jokowi percaya KPK bekerja profesional.

"Tentunya kita menghormati proses hukum yg tengah berjalan di KPK, kita menghormati, saya percaya KPK bekerja transparan terbuka profesional, pemerintah konsisten mendukung upaya, pencegahan dan pemberantasan korupsi", tutur Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Rabu (25/11/2020)

Dari catatan detikcom, Edhy Prabowo merupakan menteri ketiga yang berurusan dengan KPK. Namun 2 menteri sebelumnya sudah terbukti bersalah dan bahkan salah satunya sudah bebas setelah menjalani hukuman pidana. Siapa saja mereka?

Selanjutnya
Halaman
1 2 3