5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

ADVERTISEMENT

5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 29 Sep 2022 18:25 WIB
Angkatan bersenjata Denmark merilis video yang menunjukkan Laut Baltik mendidih. Ternyata penyebabnya karena kebocoran pipa gas Nord Stream 1 dan 2.
Penampakan kebocoran pipa gas bawah laut Nord Stream di Laut Baltik (dok. Reuters)
Jakarta -

Rusia menuduh Amerika Serikat (AS) telah mendalangi kebocoran pipa gas Nord Stream, yang langsung dibantah Washington DC sebagai tuduhan 'konyol'. Presiden Vladimir Putin akan memimpin seremoni peresmian aneksasi empat wilayah Ukraina di Kremlin pada Jumat (30/9) besok.

Moskow menuntut Presiden Joe Biden segera menjawab pertanyaan apakah AS yang sebenarnya ada di balik kebocoran pipa gas itu. Juru bicara Dewan Keamanan Nasional, Adrienne Watson, dalam tanggapannya menuduh Rusia telah menyebarkan disinformasi.

Sementara juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, mengumumkan bahwa Putin akan menandatangani perjanjian yang secara resmi menetapkan empat wilayah Ukraina -- Donetsk Luhansk, Kherson dan Zaporizhzhia -- dalam seremoni di Kremlin pada Jumat (30/9) waktu setempat.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Kamis (29/9/2022):

- Rusia Tuduh AS Dalangi Kebocoran Pipa Gas Nord Stream

Di tengah berbagai spekulasi soal kebocoran pipa gas Nord Stream di Laut Baltik, Rusia menuduh Amerika Serikat (AS) sebagai dalang utama. Moskow menuntut Presiden AS Joe Biden segera menjawab pertanyaan apakah AS yang sebenarnya ada di balik kebocoran pipa gas, yang penyebabnya masih misterius itu.

"Pada 7 Februari 2022, Joe Biden mengatakan bahwa Nord Stream akan tamat jika Rusia menginvasi Ukraina," ucap juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, dalam pernyataan via media sosial, seperti dilansir AFP, Kamis (29/9/2022).

Zakharova menyertakan sebuah video yang menunjukkan Biden mengatakan 'kami akan mengakhiri' Nord Stream 2 jika tank-tank Rusia melintasi perbatasan Ukraina.

"Biden wajib menjawab pertanyaan apakah AS telah melakukan ancamannya," imbuhnya.

- Bantah Tuduhan Dalangi Kebocoran Gas Nord Stream, AS: Konyol!

Amerika Serikat (AS) menanggapi tuduhan Rusia yang mencurigai AS mendalangi kebocoran pipa gas Nord Stream di Laut Baltik. Seorang pejabat senior AS menilai tuduhan yang dilontarkan Moskow itu 'konyol'.

Seperti dilansir AFP, Kamis (29/9/2022), Rusia menuduh AS mendalangi kebocoran pipa gas itu, dengan juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, menuntut Presiden Joe Biden segera menjawab pertanyaan apakah AS yang sebenarnya ada di balik kebocoran pipa gas itu.

"Kita semua Rusia memiliki sejarah panjang menyebarkan disinformasi dan tengah melakukannya lagi di sini," sebut juru bicara Dewan Keamanan Nasional, Adrienne Watson, dalam tanggapannya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT