Kebocoran Baru Terdeteksi pada Pipa Gas Nord Stream di Perairan Swedia

ADVERTISEMENT

Kebocoran Baru Terdeteksi pada Pipa Gas Nord Stream di Perairan Swedia

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 29 Sep 2022 17:26 WIB
Pipa gas Nord Stream 1 dan 2 yang berada di perairan Denmark mengalami kebocoran. Jaringan pipa Nord Stream yang bocor ini menghubungkan Rusia dan negara-negara di Eropa
Penampakan kebocoran pipa gas bawah laut Nord Stream dilihat dari udara (dok. Danish Defence Command via AP)
Stockholm -

Kebocoran baru terdeteksi di pipa gas bawah laut milik Nord Stream yang menghubungkan Rusia dengan Eropa. Dengan adanya kebocoran baru yang dilaporkan oleh Penjaga Pantai Swedia ini, maka total ada empat titik kebocoran gas yang terdeteksi.

"Ada dua kebocoran di sisi Swedia dan dua kebocoran di sisi Denmark," ujar seorang pejabat Penjaga Pantai Swedia, seperti dilansir AFP, Kamis (29/9/2022).

Sebelumnya tiga kebocoran gas yang tidak bisa dijelaskan penyebabnya, yang didahului oleh dua ledakan, dikonfirmasi terjadi pada jaringan pipa gas bawah laut Nord Stream 1 dan 2 yang ada di perairan Laut Baltik pada Senin (26/9) waktu setempat.

Menurut pejabat yang tidak disebut namanya itu, dua kebocoran di perairan Swedia -- satu di Nord Stream 1 dan satu lagi yang lebih kecil di Nord Stream 2 -- berjarak sekitar satu mil laut atau sekitar 1,8 kilometer dari satu sama lain.

Penjaga pantai Swedia menyatakan bahwa pihaknya sebenarnya telah mengetahui kebocoran baru itu sejak Selasa (29/9) waktu setempat, namun tidak bisa menjelaskan mengapa itu tidak dilaporkan sebelumnya.

Otoritas Swedia sebelumnya melaporkan satu kebocoran pada jaringan pipa gas Nord Stream 1 yang terletak di sebelah timur laut Bornholm.

Sementara otoritas Denmark mengonfirmasi satu kebocoran pada pipa gas Nord Stream 2 yang terletak di sebelah tenggara wilayahnya dan satu kebocoran lainnya pada pipa gas Nord Stream 1 di sebelah timur laut.

Simak video 'Bantahan Lengkap Rusia Usai Dituduh Sabotase Pipa Gas Nord Stream':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT