ADVERTISEMENT

5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 16 Agu 2022 18:32 WIB
Ukraines President Volodymyr Zelenskiy visits positions of Ukrainian service members, as Russias attack on Ukraine continues, in Dnipropetrovsk region, Ukraine July 8, 2022. Ukrainian Presidential Press Service/Handout via REUTERS
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (dok. Ukrainian Presidential Press Service/Handout via REUTERS)
Jakarta -

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memperingatkan 'malapetaka' yang dipicu Rusia di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Zaporizhzhia akan mengancam seluruh Eropa. Presiden Rusia Vladimir Putin menuduh Amerika Serikat (AS) berupaya untuk memperpanjang konflik yang berlangsung di Ukraina.

Zelensky dalam peringatannya menyebut jika tindakan Rusia yang kini menguasai PLTN Zaporizhzhia menyebabkan malapetaka, maka bisa mempengaruhi negara-negara Uni Eropa, Turki, Georgia dan negara-negara dari kawasan yang lebih jauh.

Sementara Putin tidak hanya menuduh AS berupaya untuk memperpanjang konflik di Ukraina, tapi juga mengobarkan konflik di wilayah lainnya di dunia, termasuk dengan kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan awal bulan ini.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Selasa (16/8/2022):

- Zelensky: Malapetaka di PLTN Ukraina Ancam Seluruh Eropa

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky melontarkan peringatan terbaru bahwa 'malapetaka' yang terjadi di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Zaporizhzhia akan mengancam seluruh Eropa. Peringatan itu disampaikan setelah gempuran terbaru melanda area dekat PLTN terbesar di Eropa itu.

"Di balik pembangkit itu, para penjajah menggempur kota-kota dan komunitas terdekat," sebut Zelensky dalam pernyataan terbaru pada Senin (15/8) malam dan dilansir AFP, Selasa (16/8/2022).

"Setiap insiden radiasi di NPP (PLTN-red) Zaporizhzhia bisa mempengaruhi negara-negara Uni Eropa, Turki, Georgia dan negara-negara dari kawasan yang lebih jauh. Semuanya hanya bergantung pada arah dan kecepatan angin," ucapnya.

- AS-Korsel-Jepang Latihan Pertahanan Rudal Bersama, Awasi Korut-China

Amerika Serikat (AS), Korea Selatan (Korsel) dan Jepang menggelar latihan pertahanan rudal balistik secara bersama-sama. Latihan gabungan yang digelar di lepas pantai Hawaii pekan lalu itu digelar dengan mata tertuju pada Korea Utara (Korut) dan China.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (16/8/2022), ini menjadi momen pertama sejak tahun 2017 bagi ketiga negara untuk menggelar latihan gabungan semacam itu, terutama setelah hubungan Seoul dan Tokyo mencapai titik terendah tahun 2019 di tengah perselisihan terbaru terkait pendudukan Jepang atas Semenanjung Korea tahun 1910-1945 silam.

Pentagon atau Departemen Pertahanan AS menyebut latihan multinasional bernama 'Pacific Dragon' ini digelar pada 8-14 Agustus lalu, dengan melibatkan peringatan rudal dan latihan pencarian juga pelacakan rudal balistik.

Simak juga 'Militer Taiwan Gelar Latihan, Waspadai Serangan China':

[Gambas:Video 20detik]




ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT