International Updates

Rusia Ancam Finlandia Soal Gabung NATO, PM Kamboja Dilempar Sepatu di AS

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 13 Mei 2022 17:07 WIB
(FILES) This file photo taken on February 24, 2022 shows Finlands President Sauli Niinist (R) and Finlands Prime Minister Sanna Marin addressing a press conference on Russias invasion of Ukraine in Helsinki, Finland. - Finnish President Sauli Niinisto and Prime Minister Sanna Marin on May 12, 2022 expressed their support for NATO membership.
Presiden Finlandia Sauli Niinisto (kanan) dan PM Finlandia Sanna Marin saat mengumumkan dukungan bagi Finlandia bergabung NATO (Foto: AFP/MARKKU ULANDER)
Jakarta -

Finlandia semakin dekat untuk bergabung dengan aliansi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) setelah Presiden Sauli Niinisto dan Perdana Menteri (PM) Sanaa Marin mengumumkan dukungan untuk keanggotaan NATO. Hal tersebut menuai reaksi keras dari Rusia yang berbatasan langsung dengan Finlandia.

Seperti dilansir CNN, Jumat (13/5/2022), Kremlin atau kantor kepresidenan Rusia dalam responsnya menyebut langkah Finlandia akan menjadi ancaman bagi Moskow dan memperingatkan adanya aksi balasan.

Pernyataan dukungan dari Niinisto dan Marin sudah diperkirakan sebelumnya, terutama setelah pemerintah Finlandia baru-baru ini menyerahkan laporan kepada parlemen soal keamanan nasional yang isinya menguraikan jalan untuk bergabung aliansi NATO sebagai salah satu opsi.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Jumat (13/5/2022):

- Jurnalis Al Jazeera Tewas, Palestina Tolak Penyelidikan Bersama Israel

Presiden Palestina Mahmoud Abbas menolak tawaran Israel untuk melakukan penyelidikan bersama atas kematian seorang wartawati veteran Al Jazeera di Tepi Barat. Abbas menegaskan otoritas Israel 'bertanggung jawab sepenuhnya' atas pembunuhan jurnalis veteran tersebut.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (13/5/2022), Abbas juga menyerukan digelarnya penyelidikan internasional terhadap kematian perempuan bernama Shireen Abu Aqleh (51) tersebut.

Abu Aqleh dilaporkan menderita luka tembak di bagian kepala saat meliput penyerbuan tentara Israel di Jenin, Tepi Barat, pada Rabu (11/5) waktu setempat. Pihak Al Jazeera dan Qatar, yang menjadi basis media Al Jazeera, menuduh tentara Israel yang melakukan pembunuhan itu.

- Inggris-Prancis Serukan Lebih Banyak Senjata untuk Ukraina

Inggris mendesak sekutu-sekutu untuk terus mempersenjatai Ukraina dan meningkatkan sanksi terhadap Rusia. Hal ini disampaikan saat negara-negara industri Kelompok Tujuh (G7) mengadakan pertemuan di Jerman utara pada hari Jumat (13/5).

"Saat ini sangat penting bagi kita untuk terus menekan Vladimir Putin dengan memasok lebih banyak senjata ke Ukraina, dengan meningkatkan sanksi," kata Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss saat dia tiba untuk pembicaraan hari kedua dengan rekan-rekan G7-nya.

"Persatuan G7 sangat penting selama krisis ini," imbuhnya seperti dilansir dari kantor berita AFP, Jumat (13/5/2022).

- Jumlah Kematian Akibat COVID-19 di AS Tembus 1 Juta!

Jumlah kematian akibat COVID-19 di Amerika Serikat kini telah menembus angka satu juta.

"Hari ini, kita menandai tonggak yang tragis," kata Presiden Joe Biden dalam sebuah pernyataan seperti diberitakan kantor berita AFP, Jumat (13/5/2022). Biden pun mendesak warga Amerika untuk tetap waspada seiring kasus COVID-19 kembali meningkat.

Simak Video: Finlandia Segera Bergabung dengan NATO

[Gambas:Video 20detik]