Duh! PM Kamboja Dilempar Sepatu Saat Kunjungan ke AS

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 13 Mei 2022 11:49 WIB
Cambodias Prime Minister Hun Sen greets as he holds a ceremony at the Angkor Wat temple to pray for peace and stability in Cambodia, in Siem Reap province, Cambodia December 3, 2017. REUTERS/Samrang Pring
PM Kamboja Hun Sen (dok. Reuters)
Washington DC -

Perdana Menteri (PM) Kamboja Hun Sen dilempar sepatu saat melakukan kunjungan ke Washington DC, Amerika Serikat (AS) pekan ini. Lemparan sepatu yang berasal dari kerumunan orang itu meleset dan tidak tepat mengenai Hun Sen.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (13/5/2022), Hun Sen diketahui tengah berada di Washington DC dalam rangka menghadiri KTT ASEAN dengan AS. Dia memimpin Kamboja sejak tahun 1985 silam, namun baru kali ini diundang ke Gedung Putih.

Sejumlah foto dan video yang diunggah ke situs berbahasa Khmer, monoroom.info menunjukkan Hun Sen dilempar sebuah sepatu saat sedang menyapa kerumunan orang dan meladeni permintaan foto selfie dari seseorang. Insiden itu disebut terjadi di Washington DC pada Rabu (11/5) waktu setempat.

Sepatu yang terlihat dilemparkan dari kerumunan di samping kanan Hun Sen itu tidak mengenainya. Hun Sen yang awalnya tampak tidak menyadari insiden itu, sempat menengok ke arah kerumunan yang menjadi lokasi si pelempar sepatu.

Tidak diketahui secara jelas apakah ada tindakan lebih lanjut terhadap si pelaku.

Hun Sen sendiri diketahui menuai kritikan dari para aktivis dan bahkan pemerintahan AS karena menekan perbedaan pendapat di negaranya.

KTT ASEAN dan AS yang baru pertama digelar ini diharapkan bisa menunjukkan komitmen AS terhadap kawasan Asia tenggara di tengah berkembangnya pengaruh China.

Delapan pemimpin negara ASEAN, termasuk Hun Sen, memulai kunjungan dua hari ke Capitol Hill untuk menghadiri makan siang dengan para pemimpin Kongres AS pada Kamis (12/5) waktu setempat. Kemudian mereka akan bertemu para pemimpin bisnis AS sebelum menghadiri makan malam dengan Presiden Joe Biden di Gedung Putih.

(nvc/ita)