International Updates

Turki Geram dengan Yunani Soal Hagia Sophia, Corona Muncul Lagi di Vietnam

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 25 Jul 2020 17:39 WIB
Salat Jumat pertama diselenggarakan di Hagia Sophia hari ini. Jemaah pun memadati halaman masjid jelang pelaksanaa Salat Jumat.
Hagia Sophia (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Pemerintah Turki mengecam keras pernyataan pemerintah Yunani yang menentang langkah untuk mengubah Hagia Sophia kembali menjadi masjid.

Hubungan antara sekutu Turki dan Yunani telah menegang dalam beberapa bulan terakhir. Namun, ketegangan itu meningkat dikarenakan Hagia Sophia dan kekayaan energi di Mediterania timur.

Sebelumnya pada Jumat (24/7) waktu setempat, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan bergabung dengan ribuan orang untuk melakukan salat Jumat pertama di Hagia Sophia sejak diubah dari sebuah museum menjadi masjid bulan ini.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Sabtu (25/7/2020):

- Kasus Corona Muncul Lagi di Vietnam, Pertama Sejak Nyaris 100 Hari

Vietnam kembali mendeteksi kasus infeksi virus Corona yang ditularkan secara lokal. Kasus ini merupakan yang pertama dalam waktu nyaris 100 hari di negara yang kebijakan lockdown totalnya mendapat pujian dunia internasional karena berhasil mengendalikan penyebaran penyakit.

Kementerian Kesehatan Vietnam menyatakan seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (25/7/2020), "Pasien 416" tersebut adalah seorang pensiunan pria Vietnam berusia 57 tahun di kota Danang, Vietnam selatan, dan ini merupakan penularan komunitas pertama sejak 16 April.

Pejabat kesehatan setempat telah menguji 105 orang yang telah melakukan kontak dekat dengannya, demikian disampaikan Kementerian Kesehatan di situs webnya.

- 3 Polisi Malaysia dan 2 WNI Didakwa Merampok Money Changer

Tiga polisi Malaysia dan 2 WNI termasuk di antara tujuh orang yang diadili di pengadilan Malaysia atas dakwaan merampok money changer dengan pistol.

Di persidangan yang digelar di kota George Town, seperti dilansir media Malaysia, The Star, Sabtu (25/7/2020), semua terdakwa mengaku tak bersalah atas perampokan bersenjata yang terjadi pada 14 Juli pukul 21.45 waktu setempat.

Tiga polisi yang menjadi terdakwa adalah L/Kpl Nazarudin Abdul Manan (36), Kpl Khairul Hisham Hamzah (42) dan Kpl Wan Abd Rahim Md Shariff (36) yang bekerja di markas besar kepolisian kabupaten Batu Gajah.

- Yunani Sebut Hagia Sophia Jadi Masjid adalah Bukti Kelemahan, Turki Geram

Pemerintah Turki mengecam keras pernyataan pemerintah Yunani yang menentang langkah untuk mengubah Hagia Sophia kembali menjadi masjid.

Tonton video 'Erdogan soal Hagia Sophia Jadi Masjid: Kami Memperbaiki Kesalahan!':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2