Kasus Corona Muncul Lagi di Vietnam, Pertama Sejak Nyaris 100 Hari

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 25 Jul 2020 14:55 WIB
Otoritas Thailand telah mengembangkan vaksin untuk virus Corona. Vaksi yang dikembangkan sendiri oleh negara ini akan siap pada tahun depan.
Foto: AP/Sakchai Lalit
Hanoi -

Vietnam kembali mendeteksi kasus infeksi virus Corona yang ditularkan secara lokal. Kasus ini merupakan yang pertama dalam waktu nyaris 100 hari di negara yang kebijakan lockdown totalnya mendapat pujian dunia internasional karena berhasil mengendalikan penyebaran penyakit.

Kementerian Kesehatan Vietnam menyatakan seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (25/7/2020), "Pasien 416" tersebut adalah seorang pensiunan pria Vietnam berusia 57 tahun di kota Danang, Vietnam selatan, dan ini merupakan penularan komunitas pertama sejak 16 April.

Pejabat kesehatan setempat telah menguji 105 orang yang telah melakukan kontak dekat dengannya, demikian disampaikan Kementerian Kesehatan di situs webnya.

Pria itu telah membawa serta ibunya ke rumah sakit pada hari-hari sebelumnya setelah dia menunjukkan gejala penyakit. Namun otoritas setempat tidak memberikan konfirmasi tentang bagaimana dia terinfeksi Corona di negara itu, di mana tampaknya virus Corona telah menghilang selama beberapa bulan.

"Pasien saat ini dibantu dengan ventilator karena gagal pernafasan," demikian disampaikan Kementerian Kesehatan seraya menambahkan keluarganya yakin bahwa kontaknya dengan orang-orang lain terbatas.

"Dia tidak pergi keluar kota dan hanya tinggal di rumah untuk menjaga cucunya dan berinteraksi dengan tetangga, dia tidak melakukan kontak dengan orang asing," kata Kementerian Kesehatan.

Tonton video 'Update Global: Kasus Corona Melejit Tembus 15 Juta Kasus':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2