ADVERTISEMENT

6 Fakta Box Girder Kereta Cepat Sempat Diviralkan 'Becakayu Amblas'

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 15 Jun 2022 07:04 WIB
Penampakan box girder kereta cepat yang diviralkan Tol Becakayu ambruk.
Pemasangan box girder di atas Jembatan Antelope yang kemudian diviralkan bahwa sekarang udah jadi juragan. (Foto: dok. Istimewa)


3) Jembatan Antilope Aman Bisa Dilintasi Kendaraan Kecil

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo memastikan Jembatan Antilope masih aman untuk dilintasi kendaraan kecil seperti motor dan beberapa minibus.

"Jadi saya pikir cukup safety juga, dari jauh sudah ada palang yang menyatakan ketinggian," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan di lokasi, Selasa (14/6/2022).

Sambodo mengatakan hanya kendaraan kecil yang dapat melintas di Jembatan Antilope ini. Kendaraan besar dengan ketinggian lebih dari 1,7 meter diimbau mencari jalur alternatif.

"Sehingga kendaraan-kendaraan yang lebih dari 1,7 meter itu bisa diputar balik, sehingga tidak terjebak di dalam," imbuhnya.

4) Pemasangan Box Girder Dipastikan Aman

KCIC buka suara soal pemasangan girder box di atas Jembatan Antilope, Bekasi, yang diviralkan 'Tol Becakayu amblas'. KCIC memastikan tidak ada penurunan dalam proses pemasangan girder box tersebut.

"Girder box yang berada di sekitar Jembatan Antilope adalah girder box proyek KCJB yang dipasang melengkapi 2.535 total girder box. Dalam proses pemasangan tidak ada penurunan atau masih sesuai dengan standar teknis yang ada," ujar Corporate Secretary PT KCIC Rahadian Ratry dalam keterangan persnya, Selasa (14/6/2022).

Rahadian menjelaskan pihak kontraktor telah melakukan sosialisasi dan komunikasi dengan Pemkot Bekasi dan warga sekitar sebelum pemasangan girder box tersebut. Dalam hal ini, komunikasi dilakukan melalui Dinas Perhubungan Kota Bekasi.

Sesuai dengan Surat Dinas Perhubungan Pemerintah Kota Bekasi Nomor 551.1/849/Dishub Lalin, kondisi ini akan berlangsung hingga 10 Agustus 2022. KCIC telah memasang portal dan penjagaan ketat di lokasi untuk memastikan jalan aman dilalui.

"Sebagai bentuk pengamanan, dipasang pemberitahuan, portal (pembatas ketinggian) di dua sisi, dan lampu penerangan. Selain itu dilakukan penjagaan 24 jam (3 shift) untuk memastikan warga aman ketika melintas," imbuhnya.


Baca di halaman selanjutnya: pengalihan lalu lintas bagi kendaraan besar.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT