ADVERTISEMENT

Mobil Nyaris Tersangkut Girder Kereta Cepat yang 'Nempel' di Jembatan Bekasi

Dwi Rahmawati - detikNews
Selasa, 14 Jun 2022 20:26 WIB
Kondisi lalin di Jembatan Antilope, Bekasi, imbas pemasangan girder box kereta cepat.
Mobil Xenia nyais nyangkut saat melintas di Jembatan Antilope, Bekasi, imbas pemasangan girder box kereta cepat. (Dwi Rahmawati/detikcom)
Bekasi -

Pemasangan girder box kereta cepat yang 'menempel' Jembatan Antilope, Pondok Gede, Bekasi, membuat kendaraan roda empat harus berhati-hati saat melintas. Mobil minibus nyaris mentok saat melintas di kolong girder box tersebut.

Pantauan detikcom di lokasi, Selasa (14/6/2022), pukul 17.35 WIB, beberapa mobil melambatkan laju kendaraannya saat melintas di jembatan tersebut. Mereka memastikan agar bagian atap tak mengenai beton girder box.

Terlihat pengemudi mobil Daihatsu Xenia sempat berhenti karena ragu-ragu saat akan melintas di Jembatan Antilope. Untuk diketahui, batas maksimum ketinggian Jembatan Antilope kini menjadi 1,7 meter karena adanya girder box yang melintang di atas jembatan tersebut.

Meski lolos dari portal ketinggian, pengendara Xenia merasa tak yakin bisa melewati hingga harus turun di lokasi. Beberapa warga memastikan mobil Xenia tersebut bisa melintas.

"Bisa, Pak, bisa, terus... terus... terus...," kata warga meyakinkan pengemudi tersebut.

Pengemudi itu sempat turun dari mobil untuk memastikan kondisi atapnya. Warga di lokasi, termasuk pihak RW setempat, menduduki bagian belakang bagasi.

Mereka mencoba membuat mobil tersebut lebih rendah dengan tambahan beban. Beberapa warga juga meyakinkan pengemudi sampai berkelakar untuk mengempiskan bannya.

Perlahan, mobil tersebut berjalan ke arah Kalimalang. Mobil melaju dengan lambat khawatir bagian ujung atap yang cembung mengenai dinding girder box.

Akibat kejadian tersebut, beberapa mobil dari arah Jatibening sempat tersendat. Meski demikian, mobil ukuran kecil di lokasi satu per satu bisa melintasi jembatan itu.

Namun tak sedikit kendaraan roda 4 yang harus memutar balik. Terlihat mobil boks dari arah Jatibening mengurungkan niatnya melintas di jembatan itu karena ketinggian melebihi batas maksimum.

CEO PT Asri Karya Lestari, Sudjatmiko, mengatakan jembatan pengganti akan rampung pada akhir Juli 2022. Perlintasan Jembatan Antilope dengan pembatasan ketinggian itu disebutnya telah disepakati warga.

"Kesepakatan ini dibuat sama 3 pihak, dari KCIC, dari pihak warga, sama dari kita kontraktor-kontraktor di sini dua ya. Sudah ada kesepakatan dengan warga RW 02, Jaticempaka," ungkap Sudjatmiko di lokasi.

"Jembatan penyeberangan baru sedang kita laksanakan seperti yang di belakang ini. Memang dijadwalkan selesai akhir Juli karena kereta cepat proyeknya sedang dikejar waktu. Makannya kita paralel, proyek mainland jalan, relokasi jalan dengan tidak menutup jembatan," pungkasnya.

Lihat juga Video: Video Tol Becakayu Amblas Hoax, Faktanya Box Girder Kereta Cepat

[Gambas:Video 20detik]



(mea/mea)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT