ADVERTISEMENT

Penampakan Box Girder Kereta Cepat yang Diviralkan 'Tol Becakayu Ambruk'

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 14 Jun 2022 14:35 WIB
Penampakan box girder kereta cepat yang diviralkan Tol Becakayu ambruk.
Penampakan box girder kereta cepat yang diviralkan 'Tol Becakayu ambruk'. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Video viral menarasikan 'Tol Becakayu ambruk' dipastikan hoax alias bohong. Yang sebenarnya, visual pada video adalah box girder proyek kereta cepat di atas Jembatan Antilope, Bekasi. Ini penampakannya.

Penampakan beton yang seakan 'runtuh' ini adalah box girder kereta cepat Jakarta-Bandung yang memang lokasinya ada di atas Jembatan Antilope. Batas ketinggian antara beton box girder dan jembatan yang hanya berjarak 1,7 meter ini membuat Jembatan Antilope itu tidak bisa dilintasi kendaraan roda empat.

"Sedang ada pekerjaan box girder," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dihubungi detikcom, Selasa (14/6/2022).

Sambodo mengirimkan kondisi terkini di lokasi yang sudah dipasangi portal. Pada portal tersebut terdapat rambu batas ketinggian 1,7 meter. Ini artinya, kendaraan dengan ketinggian 1,7 meter ke atas tidak boleh melintas di lokasi.

"Sudah dipasang portal," imbuhnya.

Penampakan box girder kereta cepat yang diviralkan 'Tol Becakayu ambruk'.Portal dipasang di Jembatan Antilope imbas adanya pekerjaan box girder kereta cepat Jakarta-Bandung. Kendaraan dengan ketinggian 1,7 meter dilarang melintas di lokasi. (Foto: dok. Istimewa)

Sambodo juga mengirimkan foto spanduk di sekitar Jembatan Antelope. Foto spanduk tersebut berisi pengumuman bahwa Jembatan Antilope untuk sementara waktu tidak dapat dilintasi.

"Mohon maaf terhitung tanggal 13 Mei-10 Agustus 2022 untuk sementara Jembatan Antelope hanya dapat dilalui oleh kedaraan kecil (maksimal tingi 1,7 meter) & pejalan kaki. Kendaraan melebihi 1,7 meter silakan melalui jalur alternatif lainnya" demikian tulisan di spanduk.


Jembatan pengganti selesai akhir Juli

Kabid Bina Marga Kota Bekasi Idi Susanto menjelaskan seharusnya pengerjaan pemasangan box girder ini dilakukan setelah jembatan pengganti Jembatan Antilope selesai. Untuk diketahui, Jembatan Antilope ini nantinya bakal ditutup karena ketinggiannya tidak memungkinkan dilintasi kendaraan.

"Jadi gini, itu kan Jembatan Antilope ya itu kan kena pekerjaan KCIC. Nah setelah pekerjaan KCIC memang tingginya clearance-nya tinggal 1,7 meter, jembatan itu nantinya enggak dipakai," ujar Idi saat dihubungi detikcom, Selasa (14/6).

"Kan kita kemarin ke KCIC sebenarnya boleh kerja di situ setelah jembatan penggantinya jadi dulu. (Tetapi) jembatan penggantinya jadinya akhir Juli, awal Agustus bisa dipakai jembatan pengganti," sambungnya.

Simak video 'Video Tol Becakayu Amblas Hoax, Faktanya Box Girder Kereta Cepat':

[Gambas:Video 20detik]

Baca selengkapnya penjelasan Bina Marga Kota Bekasi di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT