Aksi Dramatis Sopir TransJ Cegah Upaya Bunuh Diri Berbuah Manis

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 29 Jan 2022 07:45 WIB
Viral di media sosial seorang sopir TransJakarta berhasil mengagalkan wanita yang hendak bunuh diri di flyover Jakarta Barat. Pihak TransJakarta pun mengapresiasi aksi heroik sang sopir.
Detik-detik sopir PPD selamatkan wanita mau bunuh diri di Jakbar (Foto: Tangkapan Layar Media Sosial)
Jakarta -

Upaya percobaan bunuh diri seorang perempuan dari atas flyover Jembatan 3, Jakarta Barat, digagalkan oleh seorang sopir TransJakarta. Khaerun (52), sopir itu, mendapat tepukan tangan para penumpang setelah menyelamatkan perempuan tersebut.

Aksi heroik Khaerun itu berbuah manis. Khaerun mendapatkan kejutan penghargaan dari tempatnya bekerja hingga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Selasa (25/1) siang itu, Khaerun sedang bertugas mengantar penumpang dari arah Pluit menuju ke Pinang Ranti. Sesampai di Jembatan 3, ia melihat sejumlah warga melihat-lihat ke atas jalan layang.

"Waktu itu saya di bawah lewat, pas Jembatan 3, saya melihat ada orang gerak-gerak di bawah banyak banget kayak orang nonton apa. Ternyata dia merhatiin yang di atas itu," ujar Khaerun saat dihubungi detikcom, Jumat (28/1).

Khaerun lalu melihat ada perempuan berdiri di tepian pagar flyover. Perempuan itu hendak loncat.

"Sedangkan di atas itu posisinya sudah mengkhawatirkan. Artinya, itu sudah di luar pagar pengamanlah, kakinya tuh udah di luar," katanya.

Perempuan itu menangis histeris. Spontan Khaerun menghentikan laju busnya dan mencoba membujuk wanita itu.

"Nangis gitu, pokoknya nangis teriak-teriak. Saya dekatin waktu saya nyetir itu kan sudah posisinya sudah dekat dia. Saya buka jendela, saya bujuk, saya rayu supaya 'jangan... ke pinggir, jangan di situ' gitu lho. Eh, dia malah makin histeris, malah jerit-jerit gitu lho," jelasnya.

Khaerun Turun dari Bus dan Bujuk Korban

Wanita yang diperkirakan berusia 20-an tahun itu tidak mau mendengarkan imbauan Khaerun. Tangisan wanita yang memakai daster itu malah makin menjadi-jadi.

Tanpa berpikir panjang lagi, Khaerun lalu turun dari bus. Ia mencoba menyelamatkan wanita itu.

"Setelah itu, saya coba turun ya kan untuk nenangkan dia. Ternyata makin saya dekati, dia makin histeris, saya menjauh lagi gitu," katanya.

Di tengah rasa kekhawatirannya, Khaerun terus berupaya mengajak komunikasi wanita itu. Khaerun terus berusaha membujuk wanita itu agar tidak loncat dari atas flyover.

"Setelah menjauh, saya cari tempat aman, saya tetap paksa dia untuk saya tariklah ibaratnya gitu. Masih berusaha," katanya.

Khaerun lalu mencoba mengalihkan perhatian wanita itu. Di saat itulah Khaerun menarik wanita itu menjauh dari tepian pagar flyover Jembatan 3.

"Akhirnya saya beranjak ke kiri, mepet ke pagar, terus pas timing-nya tepat, dia saya alihkan perhatian lewat tangan saya sambil ngomong. (Saya berkata), 'Dik, itu liatin penumpang saya merhatiin kamu semua lho, memang kamu nggak malu?' Nahm itu langsung nengok kan dia, pas dia tengok itu, baru saya rangkul gitu lho," bebernya.


Simak kisah Khaerun lebih lengkap di halaman selanjutnya.

Simak Video: Gagalkan Aksi Bunuh Diri, Sopir TransJakarta akan Diberi Penghargaan

[Gambas:Video 20detik]