Anies Bertemu Sopir Penyelamat Wanita Mau Bunuh Diri: Terima Kasih Pak Khaerun

Dwi Andayani - detikNews
Jumat, 28 Jan 2022 21:45 WIB
Anies Bertemu pramudi PPD TransJakarta, Khaerun yang menyelamatkan wanita hendak bunuh diri di flyover Jembatan 3, Jakarta Barat. (Tangkapan Layar)
Anies bertemu dengan Khaerun, pramudi PPD TransJakarta, yang menyelamatkan wanita hendak bunuh diri di flyover Jembatan 3, Jakarta Barat. (Tangkapan Layar)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan apresiasi terhadap Khaerun, pramudi PPD TransJakarta yang menyelamatkan wanita yang hendak bunuh diri di flyover Jembatan 3, Jakarta Barat. Anies mengundang Khaerun datang ke Balai Kota DKI.

"Terima kasih Pak Khaerun! Teman-teman mungkin telah melihat aksi heroik Pak Khaerun yang beredar di linimasa beberapa hari terakhir. Hari ini kami mengundang Pak Khaerun ke Balaikota untuk mengapresiasi beliau langsung," tulis Anies dalam akun Twitter pribadinya, Jumat (28/1/2022).

Anies juga menyertakan video pertemuannya dengan Khaerun. Dalam video tersebut, Anies menanyakan kronologi kejadian dan aksi yang dilakukan Khaerun.

Diakhir pertemuannya, Anies juga memberikan topi dan rompi yang langsung dipakai oleh Khaerun.

Anies juga menuliskan ucapan terima kasihnya, Anies menilai tindakan Khaerun merupakan respons seorang yang bertanggung jawab. Khaerun disebut menjadi teladan bagi semua.

"Terima kasih, Pak Khaerun, sudah menunjukkan respons sebagai seorang yang bertanggung jawab. Dalam peristiwa yang tidak terduga Bapak memilih untuk peduli dan bertindak, memilih menyelamatkan sesama warga dan tidak membiarkannya sendiri. Bapak adalah teladan bagi kita semua," tuturnya.

Anies mengingatkan agar seluruh warga tidak mengabaikan kesehatan jiwa. Ia mengimbau warga yang mengalami kecemasan atau depresi untuk tidak ragu meminta bantuan pihak terkait.

"Jangan abaikan kesehatan jiwa kita dan sesama, karena tak kalah pentingnya dari kesehatan fisik. Jika teman-teman mengalami kecemasan, depresi atau masalah kesehatan jiwa lainnya, jangan ragu untuk menghubungi dan meminta bantuan pihak terkait," tulis Anies.

"Dinas Kesehatan Jakarta menyediakan psikolog GRATIS bagi warga yang ingin melakukan konsultasi kesehatan jiwa . Terdapat 23 lokasi konsultasi gratis di 23 Puskesmas Jakarta dengan BPJS. Teman-teman juga bisa konsultasi online melalui laman https://sahabatjiwa-dinkes.jakarta.go.id," sambungnya.

Sebelumnya diberitakan, seorang sopir PPD TransJakarta, Khaerun, melakukan aksi heroik dengan menyelamatkan perempuan yang hendak bunuh diri. Perempuan itu hendak melompat dari flyover di Jakarta Barat.

Peristiwa itu viral di media sosial. Dalam video yang beredar, terlihat seorang wanita hendak melompat dari flyover.

Kemudian datang bus TransJ dan berhenti di dekat korban. Sopir TransJ itu kemudian turun dan mendekat ke arah wanita itu.

Keduanya terlihat berbicara. Namun tidak jelas apa yang dibicarakan.

Sopir TransJ itu kemudian mencoba mengalihkan perhatian wanita tersebut. Saat perhatiannya teralihkan, sopir TransJ itu kemudian merangkul dan menarik badan wanita itu dari tepian pagar flyover.

(dwia/haf)