Deja Vu Sampah Kulit Kabel Ditemukan di Gorong-gorong Jakarta

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 22 Jan 2022 07:41 WIB
Personel Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Selatan alias pasukan biru dan Pekerja Penanganan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU) alias pasukan oranye  membersihkan saluran air di sepanjan Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin (6/3/2017). Tugas mendapat hambatan berupa tebalnya sendimentasi hingga sempitnya gorong-gorong bahkan didaptnya bungkusan kabel.
Sampah kulit kabel ditemukan di gorong-gorong (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta -

Puluhan kilogram sampah kulit kabel yang menjadi salah satu penyebab banjir ditemukan di gorong-gorong Jalan Bungur Raya, Kemayoran, Jakarta Pusat (Jakpus). Penemuan sampah kulit kabel di Jakarta ini bukan yang terjadi pertama kalinya.

Ternyata, persoalan sampah kulit kabel yang ditemukan di gorong-gorong sudah pernah terjadi pada akhir Februari 2016, ketika Gubernur DKI Jakarta dijabat Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok. Kemudian, pada 2017 dan 2018, persoalan serupa juga terjadi.

2016: Kulit Kabel di Ring 1

Kawasan kantor Gubernur DKI Jakarta sempat tergenang banjir pada Jumat (26/2/2016). Genangan terjadi setelah hujan mengguyur terus-menerus semalaman.

Setelah dicek, ternyata ada tumpukan bekas kabel yang menyumbat aliran air di dalam selokan atau got. Gubernur DKI saat itu, Ahok merasa keheranan.

Ahok sempat menunjukkan foto di ponselnya berupa sampah bungkus kabel yang diangkut dari got. Setelah sampah kabel diangkut, aliran air kembali normal.

"Ini memang kalau selatan tenggelam, itu rata-rata karena kabel. Saya kasih kalian lihat soal kabel. Ini gila-gilaan ini, ada tumpukan kabel di Merdeka Selatan," kata Ahok usai meresmikan RPTRA di Kelurahan Pegangsaan, Menteng, Jakpus, Jumat (26/2/2016).

Persoalan kulit kabel yang membuat kawasan ring 1 itu diduga terkait kasus pencurian. Enam orang tersangka spesialis pencuri kulit kabel ditangkap polisi saat itu.

Sedikitnya, sampah bungkus kabel di gorong-gorong Jalan Medan Merdeka yang dikumpulkan mencapai 10 ton. Sampah itu menggunung sekitar 2 meter ditampung sementara di gudang kendaraan berat Sudin Tata Air Jakarta Pusat di Bendungan Hilir (Benhil).

"Kalau ditotal 10 ton lebih. Satu truk saja bisa angkut 5 kuintal, ini kan bisa sampai 24 truk," tutur petugas harian lepas Sudin Tata Air, Joko, saat ditemui di lokasi penampungan sampah bungkus kabel di Jl Damplas, Benhil, Jakarta Pusat, Jumat (10/3/2016).

2017: Kulit Kabel Picu Banjir Jl Gatot Subroto

Kulit kabel kembali menjadi pemicu banjir di Jakarta. Aliran air di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, terhambat sampah kulit kabel.

"Ditemukan lagi sumbatan kabel-kabel listrik. Kulit kabel ketemu lagi di daerah Gatot Subroto," kata Ahok kepada wartawan di Makam Mbah Priok, Koja, Jakarta Utara, Sabtu (4/3/2017).

Ahok saat itu sudah nonaktif dari jabatan Gubernur DKI Jakarta karena menjadi calon Gubernur DKI petahana pada Pilgub DKI 2017.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya...

Lihat juga Video: Data Lengkap Banjir di Jakarta 18 Januari Imbas Hujan Ekstrem

[Gambas:Video 20detik]