Temuan Kulit Kabel di Gorong-gorong Kemayoran Jakpus Jadi Penyebab Banjir

Anggi Muliawati - detikNews
Jumat, 21 Jan 2022 19:02 WIB
Sampah kulit kabel di gorong-gorong Kemanyoran, Jakpus.
Penemuan Kulit Kabel di Kemayoran, Jakpus (dok. istimewa)
Jakarta -

Puluhan kilogram sampah kulit kabel ditemukan di gorong-gorong Jalan Bungur Raya, Kemayoran, Jakarta Pusat. Kulit kabel tersebut diduga menjadi salah satu penyebab banjir.

"Salah satu penghambat juga sih, kalau gorong-gorong kecil kan jadi penghambat," kata Kasi Pemeliharaan Sudin SDA Jakpus, Achmad Daeroby saat dihubungi, Jumat (21/1/2022).

Daeroby mengatakan pada Selasa (18/1) di kawasan tersebut sempat ada genangan air saat hujan deras. Menurutnya, di kawasan itu memang kerap terjadi genangan jika curah hujan cukup tinggi.

"Sempat genang juga, sekitar 15 cm. Kalau hujan deras dan durasi lama biasanya genang," katanya.

Seperti diketahui, Suku Dinas Bina Marga Jakarta Pusat menemukan gulungan kulit kabel sebanyak satu truk di gorong-gorong Kemayoran pada Kamis (20/1). Penemuan tersebut berawal dari laporan warga adanya jalan yang amblas.

"Pas kita buka gorong-gorong ternyata ada puluhan kilo kulit kabel," kata Petugas Satgas Sudin Bina Marga Jakarta Pusat, Supangat, Kamis (20/1).

Supangat mengatakan sampah kabel tersebut langsung dimasukkan ke truk milik Sudin Bina Marga Jakpus dan dibawa ke Alkal Kemayoran.

"Tadi kita masukin ke truk, ada satu truk, dibuang ke Alkal," katanya.

(zap/zap)