Puluhan Kg Kulit Kabel Ditemukan di Gorong-gorong Kemayoran Jakpus

Anggi Muliawati - detikNews
Kamis, 20 Jan 2022 20:17 WIB
Sampah kulit kabel di gorong-gorong Kemanyoran, Jakpus.
Sampah kulit kabel di gorong-gorong Kemanyoran, Jakpus. (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Puluhan kilogram sampah kulit kabel ditemukan di gorong-gorong Jalan Bungur Raya, Kemayoran, Jakarta Pusat. Penemuan kulit kabel tersebut berawal dari laporan warga adanya jalan yang amblas.

"Pas kita buka gorong-gorong ternyata ada puluhan kilo kulit kabel," kata Petugas Satgas Sudin Bina Marga Jakarta Pusat, Supangat, Kamis (20/1/2022).

Supangat mengatakan sampah kabel tersebut langsung dimasukkan ke truk milik Sudin Bina Marga Jakpus. Sampah kabel itu dibawa ke Alkal Kemayoran.

"Tadi kita masukin ke truk, ada satu truk, dibuang ke (Unit Pengelola Teknis) Alkal (Peralatan dan Perbekalan)," katanya.

Supangat mengaku tidak mengetahui jenis kabel tersebut. Menurutnya, gulungan kabel tersebut sama seperti kejadian beberapa tahun silam.

"Kurang tahu itu, gulungan-gulungan kayak pas Ahok itu, potongan-potongan pipa kosong juga," katanya.

Sementara itu, Kepala Satuan Pelaksana Tugas Sudin Sumber Daya Air Jakarta Pusat, Supriyadi mengatakan sampah kabel tersebut hanya tersisa kulitnya saja. Dia menduga tembaga kabel itu telah dicuri seseorang.

"Iya kulit doang, nggak ada tembaganya, pasti dicuri itu," katanya.

Supriyadi mengatakan penemuan sampah kulit kabel itu baru terjadi saat ini. Dia menyebut tahun lalu ketika membersihkan gorong-gorong tidak ada penemuan sampah kabel.

"Tahun kemarin kita juga ada pengurasan, nggak ada nemuin kulit kabel. Kita pernah kuras dari ujung ke ujung, kita kuras dua sisi, nggak ada nemuin kulit-kulit kabel," katanya.

Sampah kulit kabel di gorong-gorong Kemanyoran, Jakpus.Sampah kulit kabel di gorong-gorong Kemanyoran, Jakpus. (Dok. istimewa)
(aud/aud)