Awal Mula Temuan 1 Truk Kulit Kabel di Gorong-gorong Kemayoran

Anggi Muliawati - detikNews
Jumat, 21 Jan 2022 16:07 WIB
Sampah kulit kabel di gorong-gorong Kemanyoran, Jakpus.
Sampah kulit kabel di gorong-gorong Kemayoran, Jakpus. (Foto: dok. istimewa)
Jakarta -

Puluhan kilogram sampah kulit kabel ditemukan di gorong-gorong Jl Bungur Raya, Kemayoran, Jakarta Pusat. Limbah kabel itu langsung diangkut ke satu truk untuk dibawa ke Unit Pengelola Teknis Peralatan dan Perbekalan (Alkal) Kemayoran. Penemuan kulit kabel itu bermula dari laporan warga adanya jalan yang amblas.

"Kami terima laporan dari warga, katanya ada yang amblas. Saat dicek, ternyata ada kabel," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Suku Dinas Bina Marga Jakarta Pusat Agustio saat dihubungi, Jumat (21/1/2022).

Awalnya petugas Bina Marga mendapat laporan warga mengenai ada jalanan yang amblas. Kemudian, saat petugas mengecek ke gorong-gorong saluran air, ditemukan banyak sampah kulit kabel. Namun ia belum mengetahui apakah sampah kulit kabel tersebut menyumbat saluran air atau tidak.

"Mungkin itu salah satunya (penyebab banjir), tapi lebih jelas, boleh ke SDA," katanya.

Sampah kulit kabel di gorong-gorong Kemanyoran, Jakpus.Sampah kulit kabel di gorong-gorong Kemayoran, Jakpus. (Foto: dok. istimewa)

Sebelumnya, puluhan kilogram sampah kulit kabel ditemukan di gorong-gorong Jalan Bungur Raya, Kemayoran, Jakarta Pusat. Penemuan kulit kabel tersebut berawal dari laporan warga adanya jalan yang amblas.

"Pas kita buka gorong-gorong, ternyata ada puluhan kilo kulit kabel," kata petugas Satgas Sudin Bina Marga Jakarta Pusat, Supangat, Kamis (20/1/2022).

Supangat mengatakan sampah kabel tersebut langsung dimasukkan ke truk milik Sudin Bina Marga Jakpus. Sampah kabel itu dibawa ke Alkal Kemayoran.

"Tadi kita masukin ke truk, ada satu truk, dibuang ke (Unit Pengelola Teknis) Alkal (Peralatan dan Perbekalan)," katanya.