Nyali Bocah Lompat dari Motor hingga Selamat dari Niat Jahat Penculik

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 16 Jan 2022 14:02 WIB
Stop Child Violence and Trafficking. Stop Violence Against Children, child bondage in angle image blur , Human Rights Day concept.
Foto: Getty Images/iStockphoto/Tinnakorn Jorruang
Tangerang Selatan -

Aksi berani bocah perempuan berinisial A (12) di Setu, Tangerang Selatan (Tangsel), menjadi sorotan. A berhasil lolos dari usaha penculikan setelah melompat dari atas sepeda motor pelaku yang menculiknya.

"Jadi anaknya pas motor tidak kencang dia loncat," kata Kepala Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Tri Purwanto kepada wartawan, Jumat (14/1/).

Tri menuturkan insiden penculikan ini terjadi pada 2 Januari 2022. Pelaku yang berinisial DFR mulanya berdalih menanyakan alamat kepada korban saat sedang bermain di depan rumahnya.

Simak ringkasan aksi A, bocah pemberani yang menyelamatkan diri dari penculikan DFR:

Dalih Bertanya Alamat

DFR kala itu menghampiri A untuk bertanya alamat. A kemudian menyarankan DFR menggunakan aplikasi Google Maps.

"Dijawab sama dia 'bapak pakai Aplikasi Google Maps aja' gitu alamatnya," kata Tri.

Meski begitu, DFR beralasan tidak bisa menggunakan aplikasi tersebut. Salah satu korban kemudian menyarankan untuk membantu pelaku.

"Pelaku memaksa korban untuk ikut. Teman korban menyuruh A untuk ikut," terang Tri.

Modus Pelaku

Pelaku kala itu membujuk korban agar mau membantunya dengan mengimingi uang senilai Rp 5.000. Akhirnya, korban menuruti permintaan pelaku.

"Sempat menarik korban dengan diiming-imingi uang Rp 5 ribu untuk mengantarkan. Akhirnya korban ikut naik motor dengan pelaku terlihat di CCTV warga kompleks," jelas Tri.

Simak aksi berani A lompar dari atas sepeda motor di halaman selanjutnya...