7 Fakta Miris TKW Karawang Disiksa di Saudi 12 Tahun Lamanya

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 10 Des 2021 07:00 WIB
TKW Karawang Diduga Ditelantarkan di Arab Saudi
Siti Halimah (Yuda Febrian Silitonga/detikcom)
Jakarta -

Seorang tenaga kerja wanita (TKW) asal Karawang, Jawa Barat (Jabar) diduga ditelantarkan oleh majikan di Arab Saudi. TKW tersebut diduga juga dianiaya dan disiksa oleh majikan.

Dia adalah Siti Halimah atau Munirah binti Jasim. Kasus ini terungkap melalui unggahan di media sosial. Pengunggah video itu menulis Siti Halimah hilang kontak selama 12 tahun.

"Munirah bin Jasim tinggal di Kampung Lamaran RT 001/005, Desa Palumbonsari, Kecamatan Karawang Timur, Karawang. 12 tahun hilang kontak dengan nama ibu Iti dan nama adik Tarsiah, bagi yang mengenal hubungi saya di Arab Saudi," tulis akun Facebook H-navy Roma's yang mengunggah video tersebut pada Kamis (2/12) yang dilihat detikcom, Senin (6/12/2021).

Berikut fakta-fakta TKW Karawang tersebut:

1. Hilang 12 Tahun

Dalam video berdurasi 33 detik tersebut, TKW bernama asli Siti Halimah itu diduga ditelantarkan majikannya di Arab Saudi. Lurah Palumbonsari, Fitria Yuniawati membenarkan bahwa Siti Halimah merupakan warganya.

"Iya benar itu warga saya. Pihak keluarga sudah komunikasi, memang sudah 12 tahun keluarga mencarinya," kata Fitria saat ditemui di kantornya.

Siti Halimah selama ini tanpa kabar. Sehingga pihak keluarga kesulitan mengetahui kondisinya.

"Kalau pihak keluarga mengakui bersyukur karena harapan bisa bertemu akhirnya bisa terwujud, meski dengan kondisi terlantar di Arab Saudi," kata Fitria.

Sementara itu, Yanto (35) selaku adik ipar Siti Halimah, terkejut saat mendapat kabar tentang Siti Halimah di media sosial. Dia juga mengaku gelisah.

"Perasaan kami keluarga ada gelisah, senang, kaget dan terkejut juga, karena selama 12 tahun banyak tetangga mengira sudah meninggal atau menghilang. Meski kami masih yakin teh Limah (Siti Halimah) bisa ditemukan. Akhirnya dapat kabar dari tetangga soal video itu di Facebook," ucap Yanto saat diwawancarai usai diundang oleh pihak kelurahan Palumbonsari.

Yanto mengungkapkan bahwa Munirah Bin Jasim itu bukan nama aslinya. "Nama aslinya itu Siti Halimah binti Rasti bukan Munirah. Kalau alamatnya memang benar," katanya.

2. Kondisi Kekurangan Gizi

Yanto pun mengungkap kondisi Siti Haliman. Dia menyebut kakak iparnya diduga kekurangan gizi karena ditelantarkan majikan.

"Kata Hanafi, orang yang menemukan teh Limah di jalanan Ryad, Arab Saudi, saat itu teh Limah sedang mencari warga Indonesia untuk meminta pertolongan. Kemudian ditolong oleh PMI asal Indonesia lainnya, lalu menceritakan keadaan dirinya yang sangat memprihatinkan karena kurang gizi," ujar Yanto.

"Keluarga ingin teh Limah pulang segera dan tidak kerja lagi di sana (Arab Saudi), serta minta juga hak-haknya terpenuhi," kata Yanto.

Simak berita selengkapnya pada halaman berikut.

Saksikan juga 'Kisah TKW Asal Polman: Diduga Korban Jaringan Narkoba, Terancam Hukuman Mati':

[Gambas:Video 20detik]