TKW Karawang Diduga Ditelantarkan Majikan di Arab Saudi

Yuda Febrian Silitonga - detikNews
Senin, 06 Des 2021 15:29 WIB
TKW Karawang Diduga Ditelantarkan di Arab Saudi
TKW asal Karawang yang diduga ditelantarkan di Arab Saudi. (Foto: Yuda Febrian Silitonga/detikcom)
Karawang -

Viral video menampilkan seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Karawang diduga diterlantarkan majikannya di Arab Saudi. Pengunggah video itu menuliskan biodata PMI tersebut.

"Munirah bin Jasim tinggal di Kampung Lamaran RT 001/005, Desa Palumbonsari, Kecamatan Karawang Timur, Karawang. 12 tahun hilang kontak dengan nama ibu Iti dan nama adik Tarsiah, bagi yang mengenal hubungi saya di Arab Saudi," tulis akun Facebook H-navy Roma's yang mengunggah video tersebut pada Kamis (2/12) yang dilihat detikcom, Senin (6/12/2021).

Dalam video berdurasi 33 detik tersebut, TKW bernama asli Siti Halimah itu diduga ditelantarkan majikannya di Arab Saudi. Lurah Palumbonsari Fitria Yuniawati membenarkan bahwa Siti Halimah merupakan warganya yang tinggal di Lingkungan Lamaran, Kelurahan Palumbonsari, Kecamatan Karawang Timur, Kabupaten Karawang.

"Iya benar itu warga saya. Pihak keluarga sudah komunikasi, memang sudah 12 tahun keluarga mencarinya," kata Fitria saat ditemui di kantornya.

Siti Halimah selama ini tanpa kabar. Sehingga pihak keluarga kesulitan mengetahui kondisinya.

"Kalau pihak keluarga mengakui bersyukur karena harapan bisa bertemu akhirnya bisa terwujud, meski dengan kondisi terlantar di Arab Saudi," kata Fitria.