ADVERTISEMENT

Polisi Penilang Pengendara Bawa Sepeda di Mobil Ditegur-Disanksi Disiplin

Nahda Rizki Utami - detikNews
Sabtu, 02 Okt 2021 14:49 WIB
Penerapan elektronik tilang atau E-TLE di Jakarta telah hampir satu bulan. Hingga 24 November 2018, ada 3.624 kendaraan yang ditindak.
Ilustrasi Polisi Lalu Lintas (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Ditlantas Polda Metro Jaya telah menganulir sanksi tilang kepada pengendara mobil yang membawa sepeda di dalam mobil. Tilang dianulir lantaran polisi salah menerapkan pasal saat menindak pengendara mobil Toyota Avanza tersebut.

Sementara itu, Ditlantas Polda Metro Jaya telah memberikan sanksi terhadap polisi yang menilang pengendara mobil tersebut. Dua polisi tersebut diberi sanksi berupa sanksi teguran dan tindakan disiplin.

"Sanksinya berupa teguran dan tindakan disiplin. Tindakan disiplin ini kan kita marahin, kita (suruh) push up, suruh lari, itu kan tindakan disiplin," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono kepada detikcom, Sabtu (2/10/2021).

Argo juga mengatakan sanksi teguran dan tindakan disiplin yang diberikan kepada anggotanya sudah sesuai dengan kadar kesalahan anggotanya itu.

"Kecuali saat itu yang bersangkutan melakukan tindakan yang misalnya mukul atau memaki, itu bisa kita sanksi lebih berat. Tapi kan dia saat divideokan tidak melakukan hal lain, hanya menjelaskan bahwa ini begini-begini. Jadi kita sesuaikan dengan kadar kesalahannya juga," jelas Argo.

SIM Pengemudi Dikembalikan

Selain tilang yang sudah dianulir, polisi penilang tersebut juga secara pribadi sudah minta maaf kepada pengemudi yang bersangkutan. Polisi mengembalikan SIM yang disita saat ditilang kepada pengendara.

"Tilangnya sudah dianulir, (SIM) sudah dikembalikan kepada pemiliknya dan yang bersangkutan (polisi) secara pribadi sudah meminta maaf," jelas Argo.

Seperti diketahui, pengemudi mobil Toyota Avanza ditilang karena membawa sepeda di dalam kenderaannya saat melintas di kawasan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Namun ternyata polisi yang menilang pengemudi mobil itu salah menerapkan pasal tilang.


Simak kejadiannya di halaman selanjutnya

Simak Video: Pasal 'Salah' Polisi Tilang Pengendara Bawa Sepeda dalam Mobil

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT