Dirlantas PMJ Minta Maaf Polisi Salah Pasal Tilang Pemobil Bawa Sepeda

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Kamis, 30 Sep 2021 17:51 WIB
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yugo (Karin Nur Secha/detikcom)
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo (Karin Nur Secha/detikcom)
Jakarta -

Peristiwa pengemudi mobil ditilang karena membawa sepeda di dalam kendaraannya viral di media sosial. Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengakui anggotanya salah menerapkan pasal. Ia pun meminta maaf.

"Atas kejadian tersebut, kami mewakili Direktorat Lalu Lintas meminta maaf," kata Sambodo dalam keterangannya kepada wartawan, Kamis (30/9/2021).

Sambodo mengatakan ke depan pihaknya akan mengingatkan anggota terkait penerapan pasal dalam melakukan tilang. Sambodo juga memastikan anggota tersebut akan diberi sanksi.

"Akan mengingatkan kembali petugas di lapangan, khususnya terhadap petugas tersebut. Dan akan kita berikan sanksi sesuai kesalahannya," terang Sambodo.

Salah Terapkan Pasal

Kombes Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan bahwa anggota tersebut salah menerapkan pasal saat menilang. Yang mana anggota saat itu menilang pengemudi mobil pribadi dengan pasal terkait angkutan umum.

"Dapat kami sampaikan bahwa anggota tersebut "salah" dalam menerapkan pasal 307 menjelaskan tentang kendaraan bermotor angkutan umum barang, yang membawa barang melebihi dimensi angkutan dan dapat membahayakan keselamatan," kata Sambodo.

Menurut Sambodo, seharusnya anggota tersebut menerapkan Pasal 283 UU LLAJ, apabila barang yang diangkut ke mobil penumpang itu dapat mengganggu konsentrasi si pengemudi.

"Sedangkan apabila akan menindak kendaraan berpelat hitam seharusnya menggunakan pasal 283: 'Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor dipengaruhi suatu keadaan dapat mengganggu konsentrasi berkendara' (apabila barang yang ada di dalam kendaraan cukup besar sehingga mengganggu pandangan dan berpotensi membahayakan)," papar Sambodo.

Simak kejadian viralnya di halaman selanjutnya

Tonton Video: Heboh Pengendara Ditilang Gegara Bawa Sepeda Dalam Mobil

[Gambas:Video 20detik]