Lagu Lama Isu Kebangkitan G30S/PKI, Kali Ini dari Hilangnya Patung

Danu Damarjati - detikNews
Kamis, 30 Sep 2021 10:32 WIB
Diorama di Kostrad. (Dok akun Twitter resmi Kostrad, @Cakra_Kostrad)
Diorama di Kostrad. (Dok akun Twitter resmi Kostrad, @Cakra_Kostrad)
Jakarta -

Hari ini adalah peringatan peristiwa percobaan kudeta yang disebut sebagai G30S/PKI. Jenderal Gatot muncul lagi membawa isu kebangkitan PKI. Isu itu dia kaitkan dengan hilangnya patung-patung diorama penumpas PKI di Markas Kostrad. Ternyata persangkaan Gatot tidak betul.

"Ini kan lagu musiman yang selalu dinyanyikan ulang," kata pakar komunikasi politik, Adi Prayitno, mengamati aksi Gatot, Kamis (30/9/2021).

Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo adalah mantan Panglima TNI. Bukan kali ini saja dia bicara kebangkitan PKI, melainkan sudah sejak tahun 2018. Cara komunikasi politik dengan 'pemutaran lagu lama' ini dinilai sudah tidak manjur lagi diterapkan di Indonesia dewasa ini.

"Sudah tidak efektif. Isu PKI itu adalah isu elite. Rakyat tidak terlalu peduli dengan hal yang sifatnya ideologis, orang sekarang maunya bisa makan, bisa kerja, bisa menyekolahkan anak. Isu kebangkitan PKI itu kan lagu lama diputar kembali," kata Adi yang merupakan Direktur Eksekutif Parameter Politik dan Dosen Ilmu Politik FISIP UIN Jakarta ini.

Tahun ini, Gatot menilai komunisme sudah masuk ke tubuh TNI. Buktinya, menurut dia sendiri, patung Mayjen Soeharto, Jenderal AH Nasution, dan Kolonel Sarwo Edhie Wibowo di Museum Dharma Bakti Markas Kostad sudah tidak ada.

"Saya mendapat informasi walau bagaimanapun saya mantan Pangkostrad baru akhir-akhir ini disampaikan bahwa diorama bukan hanya patung Pak Harto, patung Pak Sarwo Edhie, sama Pak Nasution tapi juga tujuh pahlawan revolusi sudah tidak ada di sana, dan khusus di ruangan Pak Harto mencerminkan penumpasan pemberontakan G30SPKI dikendalikan oleh Pak Harto di markasnya," kata Gatot pada acara webinar yang berjudul 'TNI Vs PKI' pada Minggu (26/9) lalu.

salah satu tokoh deklator KAMI Gatot NurmantyoGatot Nurmantyo (Deny Prastyo Utomo/detikcom)

Dia lalu meminta agar TNI AD, TNI AL, dan TNI AU bersatu untuk membersihkan penyusupan PKI di tubuh TNI. Dia meminta agar TNI membersihkan jajaran dari indikasi penyusupan itu.

"Saya ulangi Ini berarti sudah ada penyusupan di dalam tubuh TNI, dalam kesempatan ini saya mengetuk jiwa patriotisme dan ksatria prajurit TNI AD, TNI AL, dan TNI AU agar bersama-sama membersihkan jajaran TNI dari penyusupan maupun pengaruh akan merusak jiwa-jiwa prajurit TNI dan bisa menyebabkan pengkhianat minimal atau pun menjual institusi hanya untuk sekedar jual jabatan dan akan bermuara pada ingkar, pada sumpah pada Allah. Bersihkan semuanya agar peristiwa kelam yang lalu tidak terjadi lagi," sebut Gatot.

Selanjutnya, kata Panglima TNI dan Pangkostrad:

Simak video 'Gatot Sebut PKI Gaya Baru Sudah Menyusup ke TNI':

[Gambas:Video 20detik]