Cerita di Balik Kaki AH Nasution di Atas Meja Saat Rapat dengan Soeharto

Danu Damarjati - detikNews
Selasa, 28 Sep 2021 15:42 WIB
Rombongan mahasiswa mengunjungi ruang diorama patung Soeharto, Sarwo Edhie Wibowo dan AH Nasution di Museum Dharma Bakti, Makostrad, Jakpus. Tampak seorang prajurit TNI memandu rombongan.
Patung Jenderal AH Nasution menaikkan kakinya (Dok. Kostrad)
Jakarta -

Patung-patung penumpas PKI di Markas Kostrad dibongkar oleh Letjen (Purn) Azmyn Yuri Nasution (AY Nasution). Dibongkarnya patung ini menyulut prasangka Jenderal (Purn) TNI Gatot Nurmantyo bahwa PKI bangkit, meski tidak betul. Ada yang menarik di patung itu.

Sebelum dibongkar, tiga patung penumpas PKI ada di Museum Dharma Bhakti, Markas Kostrad, Gambir, Jakarta Pusat. Tiga patung itu masing-masing ada ada patung Mayjen Soeharto sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad), Kolonel Sarwo Edhie Wibowo sebagai Komandan Resimen Para Komando Angkatan Darat (RPKAD), dan Jenderal Abdul Haris (AH) Nasution selaku Menteri Pertahanan dan Keamanan dan Kepala Staf Angkatan Bersenjata.

Nampak dari patung diorama itu, Soeharto mengacungkan telunjuk saat berbincang dengan Sarwo Edhie Wibowo. Yang menarik, kaki kiri patung AH Nasution diangkat di atas meja. Kenapa kakinya diangkat ke meja?

Adegan diorama ini persis diperagakan di film 'Penumpasan Pengkhianatan G 30 S PKI', atau biasa disebut sebagai 'film G30S/PKI'. Film berdurasi hampir 5 jam ini disutradarai Arifin C Noer. Jelas, film ini lebih dulu ketimbang diorama di Kostrad. Film ini dirilis tahun 1984 dan diorama itu dibikin saat AY Nasution menjadi Panglima Kostrad pada 2011-2012.

Film G 30 S/PKIFilm G 30 S/PKI Foto: Dok.PPFN

Di film G30S/PKI, adegan Soeharto, AH Nasution, dan Sarwo Edhie ada pada bagian seperempat terakhir film. Ruangan yang menjadi lokasi peristiwa ini adalah ruangan Panglima Kostrad (Pangkostrad), dijabat Soeharto.

Di dalam ruangan, sudah ada Soeharto dan AH Nasution. AH Nasution duduk di sofa panjang warna merah. Tangannya memegang tongkat. Kaki kirinya naik ke meja rendah, diperban. Inilah sebabnya kaki AH Nasution digambarkan naik ke meja, yakni karena kakinya sakit.

Selanjutnya, ada apa dengan kaki kiri AH Nasution?:

Lihat juga Video: Gatot Sebut PKI Gaya Baru Sudah Menyusup ke TNI

[Gambas:Video 20detik]