Round-Up

Drama Richard Lee Akses Ilegal Akun Instragam hingga Ditangkap Polda

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 13 Agu 2021 06:28 WIB
dr. richard lee
Richard Lee (Instagram @dr.richard_lee)


Postingan Richard Lee Saat Akun Disita Polisi

Kasubdit Siber Polda Metro Jaya Kompol Rovan Richard Mahenu menjelaskan akun Instagram @dr.richard_lee disita polisi berdasarkan Surat Perintah Penyitaan Nomor: SP. Sita/316/RES.2.5/2021/Ditreskrimsus, tanggal 5 Mei 2021 yang kemudian diterbitkan Surat Penetapan Penyitaan oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Nomor: 050/Pen.Sit/2021/PN.Jkt.Sel tanggal 08 Juni 2021. Penyitaan barang bukti itu telah ditanda tangani oleh Richard Lee pada tanggal 10 Juni 2021.

"Padahal secara sadar Saudara R mengetahui akun tersebut telah disita. Penyidik melakukan penyelidikan dan ditemukan beberapa bukti-bukti yang kami sita telah dihapus oleh yang bersangkutan," tutur Kompol Richard.

Richard Lee diketahui penyidik mengakses akun Instagramnya itu pada 6 Agustus 2021. Saat itu Richard Lee mengunggah beberapa video dan juga endorsement, baik melalui Insta Story maupun feed Instagram.

"Yang bersangkutan ada memposting endorse di akun Instagramnya, di story maupun feed-nya, padahal akunnya itu sudah kami sita," ujar Rovan.

Lainnya, Richard Lee memposting video dirinya menyapa warganet dan menjelaskan terkait 'mafia kosmetik'.

"Pada 6 Agustus 2021, Saudara R memposting di akun yang telah disita oleh penyidik, dengan caption 'Hai semua akhirnya saya kembali setelah sekian lama, ini adalah perjalanan yang luar biasa, banyak halangan, banyak hambatan'," Rovan menirukan kembali caption pada video yang diunggah Richard Lee.


Richard Lee Dibebaskan

Richard Lee telah ditetapkan sebagai tersangka di kasus akses ilegal dan penghilangan barang bukti itu. Polisi sempat mengumumkan Richard Lee ditahan, tetapi kemudian polisi menganulir penahanan tersebut.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menyampaikan pihaknya akhirnya tidak melakukan penahanan dengan alasan Richard Lee kooperatif.

"Sudah dilakukan pemeriksaan, tidak dilakukan penahanan, dan wajib lapor dengan alasan yang bersangkutan kooperatif selama pemeriksaan," ujar Yusri kepada detikcom, Kamis (12/8/2021).

Sebelumnya, dalam jumpa pers di Polda Metro Jaya, Yusri menyampaikan bahwa Richard Lee menjadi tersangka dan ditahan di kasus akses ilegal akun Instagram itu.

"Sekarang RL sudah kita tetapkan sebagai tersangka dan dilakukan penahanan di Kriminal Khusus Polda Metro Jaya," kata Yusri.


Richard Lee Berterima Kasih ke Kapolri

Richard Lee kemudian buka suara setelah dibebaskan polisi. Richard Lee menyampaikan terima kasih ke polisi karena tidak ditahan di kasus ini.

"Saya nggak bisa ngomong banyak, saya baru keluar. Saya hanya bisa ucapkan saya terima kasih sekali semuanya bantu saya, Pak Kapolri bantu saya, Dirkrimsus bantu saya, Wadir bantu saya, semua penyidik bantu saya. Bang Razman luar biasa bantu," ujar Richard Lee di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (12/8/2021).

Richard Lee juga menyampaikan terima kasih ke masyarakat yang mendukungnya.

"Bang Razman luar biasa bantu saya. Banyak banget masyarakat yang mendoakan saya. Kasubdit bantu saya," ucapnya.

Pantauan detikcom pukul 19.52 WIB, Richard Lee keluar dari ruangan penyidik. Dia ditemani pengacaranya, Razman Nasution, dan istrinya.


(mei/mei)