Momen Richard Lee Dijemput Paksa Polisi di Kasus Akses Ilegal IG

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 12 Agu 2021 18:12 WIB
Momen Richard Lee dijemput paksa polisi (Dok.istimewa)
Momen Richard Lee dijemput paksa polisi (Dok.istimewa)
Jakarta -

dr Richard Lee ditangkap polisi terkait kasus akses ilegal dan penghilangan barang bukti. Di kasus ini, Richard Lee ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan.

Richard Lee ditangkap di rumahnya di Kecamatan Sako, Kota Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (11/8). Dia ditangkap Tim Unit II Subdit Siber Polda Metro Jaya yang dipimpin oleh AKP Charles.

Dari video yang diterima detikcom, terlihat Kanit II Subdit Siber Polda Metro Jaya AKP Charles membacakan surat perintah penangkapan terhadap Richard Lee. Penangkapan itu disaksikan oleh keluarga Richard Lee, sekuriti perumahan dan pengacaranya.

"Kita dari Unit 2 Subdit Cyber Polda Metro Jaya. Ini ada surat berita penangkapan. Nama saya AKP Charles, melakukan penangkapan terhadap atas nama Richard, tempat tanggal lahir Medan 11 Oktober 1985 jenis kelamin laki-laki," kata AKP Charles di video seperti dilihat detikcom, Kamis (12/8/2021).

Usai membacakan identitas Richard Lee, Charles kemudian menjelaskan kasus yang menjerat Richard Lee hingga akhirnya dilakukan penangkapan. Di momen itu AKP Charles menyebut pihaknya sudah berkoordinasi dengan sekuriti terkait penangkapan Richard Lee.

"Mendapat perintah untuk membawa ke kantor polisi untuk melakukan pemeriksaan terkait Pasal 30 Juncto 46 UU ITE dan atau 231 KUHP dan atau 221 KUHP. Dari tadi kita sudah sampai di sini didampingi sekuriti, didampingi orang tua dan ada pengacara juga," terang Charles.

Sepanjang polisi membacakan surat penangkapan tersebut, Richard Lee tampak duduk sambil menyilangkan tangan. Richard Lee menggunakan kaos berwarna hitam dan bermasker abu-abu.

Pihak keluarga Richard Lee pun nampak juga berada di lokasi. Saat itu tidak ada kekerasan yang dilakukan petugas.

Simak penjelasan Polda Metro Jaya di halaman selanjutnya

Simak video 'Polisi Bantah Jemput Paksa dr Richard Lee':

[Gambas:Video 20detik]