Polisi: Richard Lee Posting Endorse Saat Akun IG dalam Penyitaan

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 12 Agu 2021 14:57 WIB
Jakarta -

Polisi menangkap dr Richard Lee terkait akses ilegal dan menghilangkan barang bukti. Dokter Richard Lee terciduk memposting endorse di akun Instagram @dr.richard_lee, padahal akunnya itu sudah dalam penyitaan polisi.

"Yang bersangkutan ada memposting endorse di akun Instagram-nya, di story maupun feed-nya, padahal akunnya itu sudah kami sita," ujar Kasubdit Siber Polda Metro Jaya Kompol Rovan Richard Mahenu kepada detikcom, Kamis (12/8/2021).

Untuk diketahui, akun Instagram Richard Lee ini disita polisi dalam kasus pencemaran nama baik yang dilaporkan Kartika Putri. Untuk kasus pencemaran nama baik itu sendiri, Richard Lee berstatus sebagai terlapor dan masih diupayakan agar keduanya mediasi.

Akses ilegal terhadap akun Instagram Richard Lee ini diketahui penyidik pada 8 Juli 2021. Richard Lee mulai mengakses akun tersebut pada Jumat (6/8).

Ada beberapa postingan Richard Lee di akun Instagram itu. Selain endorse, Richard Lee diketahui ada postingan video ketika ia sedang menjelaskan tentang 'mafia kosmetik'.

"Tersangka RL pada hari Jumat, 6 Agustus 2021, telah menggunakan akun Instagram dengan nama akun @dr.richard_lee untuk memposting video pada Stories Instagram yang berisi Saudara RL yang sedang menjelaskan terkait mafia kosmetik dan mengajak orang untuk mem-follow akun Instagram keduanya dengan nama @dr.richardlee_official," katanya.

Akun IG Disita di Kasus dengan Kartika Putri

Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Auliansyah menjelaskan Richard Lee melakukan akses ilegal dan menghilangkan barang bukti dalam kasus dugaan pencemaran nama baik yang dilaporkan Kartika Putri. Barang bukti yang dimaksud adalah konten pada akun Instgaram Richard Lee yang dilaporkan Kartika Purtri.

"Yang dilakukan oleh terlapor ini dia menghilangkan barbuk tersebut, jadi konten yang ada di akunnya tersebut yang sudah disita dihilangkan oleh yang bersangkutan," kata Auliansyah.

Seharusnya, Richard Lee tidak melakukan akses ilegal selama akun Instagram itu disita polisi.

"Namun oleh yang bersangkutan dia masuk lagi ke akun itu, itu yang tidak boleh. Itu yang kemudian dikenakan undang-undang terkait dengan ilegal akses. Dan itu yang harus kita pisahkan (dengan kasus yang dilaporkan Kartika Putri)," tuturnya.

Akun Instagram Richard Lee ini disita polisi sejak 5 Mei 2021. Penyitaan barang bukti ini telah mendapatkan Surat Penetapan Penyitaan oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Nomor: 050/Pen.Sit/2021/PN.Jkt.Sel tanggal 8 Juni 2021.

Penyidik telah membuat berita acara penyitaan tersebut dan telah ditanda tangani oleh Richard Lee selaku pemilik akun @dr.richard_lee pada tanggal 10 Juni 2021. Belakangan, penyidik mengetahui Richard Lee telah mengakses akun IG-nya itu melalui akun Facebook yang terkoneksi dengan akun Instagram miliknya.

(mea/fjp)