Round-Up

Drama Richard Lee Akses Ilegal Akun Instragam hingga Ditangkap Polda

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 13 Agu 2021 06:28 WIB
dr. richard lee
Richard Lee (Instagram @dr.richard_lee)
Jakarta -

Penangkapan dr Richard Lee membuat riuh warganet. Sempat mengemuka desas-desus Richard Lee ditangkap terkait kasus perseteruannya dengan artis Kartika Putri.

Momen penangkapan Richard Lee (RL) ini ramai di media sosial setelah sang istri, Reni Effendi, memposting momen penangkapan. Reni Effendi kala itu mempertanyakan kesalahan suaminya hingga ditangkap.

Sempat terjadi penolakan keluarga ketika Richard Lee hendak dibawa polisi. Richard Lee sempat beralasan hendak pergi ke toilet terlebih dahulu ketika dijemput paksa.

"Jangan ditangkap! Nanti dulu, Pak, alasannya apa? Alasannya apa, kenapa Bapak nggak jelasin? Nanti dulu, Pak, tunggu suami saya ke toilet dulu, Pak!" kata Reni sambil menangis dalam potongan video yang beredar di media sosial.

Richard Lee ditangkap di kediamannya di Kecamatan Sako, Kota Palembang, Sumatera Selatan, pada Rabu (11/8).

Momen Penangkapan Richard Lee

Di media sosial yang berkembang sempat terembus kabar bahwa penangkapan Richard Lee ini tanpa dasar. Namun polisi punya versi sendiri.

Berdasarkan video yang diperoleh detikcom, polisi membawa surat penangkapan atas Richard Lee. AKP Charel, yang saat itu memimpin penangkapan, menjelaskan Richard Lee ditangkap atas kasus akses ilegal dan penghilangan barang bukti.

"Mendapat perintah untuk membawa ke kantor polisi untuk melakukan pemeriksaan terkait Pasal 30 juncto 46 UU ITE dan/atau 231 KUHP dan/atau 221 KUHP. Dari tadi kita sudah sampai di sini didampingi sekuriti, didampingi orang tua, dan ada pengacara juga," terang Charles.

Sepanjang polisi membacakan surat penangkapan tersebut, Richard Lee tampak duduk sambil menyilangkan tangan. Richard Lee mengenakan kaus berwarna hitam dan bermasker abu-abu.

Pasal 30 ayat (3) berbunyi:

"Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum mengakses Komputer dan/atau Sistem Elektronik dengan cara apa pun dengan melanggar, menerobos, melampaui, atau menjebol sistem pengamanan dipidana dengan pidana penjara paling lama 8 (delapan) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 800.000.000,00 (delapan ratus juta rupiah)."

Pasal 231 KUHP berbunyi:

"Barangsiapa dengan sengaja menarik suatu barang yang disita berdasarkan ketentuan undang-undang atau yang dititipkan atas perintah hakim, atau menyembunyikan barang itu, padahal ia tahu bahwa barang itu ditarik dari sitaan atau simpanan itu, diancam dengan pidana penjara paling lama empat tahun."

Pasal 221 ayat 1 angka 2 KUHP:

"Barang siapa setelah dilakukan suatu kejahatan dan dengan maksud untuk menutupinya, atau untuk menghalang-halangi atau mempersukar penyidikan atau penuntutannya, menghancurkan, menghilangkan, menyembunyikan benda-benda terhadap mana atau dengan mana kejahatan dilakukan atau bekas-bekas kejahatan lainnya, atau menariknya dari pemeriksaan yang dilakukan oleh pejabat kehakiman atau kepolisian maupun oleh orang lain, yang menurut ketentuan undang-undang terus menerus atau untuk sementara waktu diserahi menjalankan jabatan kepolisian diancam dengan pidana penjara paling lama sembilan bulan atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah."

Richard Lee ditangkap terkait akses ilegal akun Instagram yang disita polisi, simak di halaman selanjutnya