detikcom Do Your Magic

'Before-After' Perbaikan Got Tambora Jakbar yang Sempat Halangi Rumah

Tim detikcom - detikNews
Senin, 02 Agu 2021 18:12 WIB
Masalah got halangi rumah di Tambora Jakbar: TUNTAS
Masalah tutup got halangi rumah warga di Tambora Jakbar sudah tuntas. (Mindra Purnomo/detikcom)
Jakarta -

Got di gang kawasan permukiman padat Jakarta Barat ini sempat dikeluhkan warga saat awal pembangunannya. Satu warga mengeluh pintunya terhalang tutup got, warga lain komplain aliran air PAM macet. Kini masalah sudah tuntas.

Proyek got itu ada di Gang ACD, Jl Jembatan Besi XII, Tambora, RT 002/RW 010 Jakarta Barat.

Konstruksi u ditch (beton berbentuk huruf u) dari got itu terlalu tinggi, sehingga tutupnya menghalangi pintu rumah warga setempat bernama Agung Rahadian. Ada pula warga setempat bernama Sasiati dan Eva yang mengalami masalah aliran air PAM begitu proyek got itu dikerjakan.

Proyek got di sini adalah proyek Pemprov DKI, tepatnya proyek Suku Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Jakarta Barat. Masalah di sini diberitakan detikcom sejak 24 Mei 2021.

Perbaikan dilakukan oleh pelaksana proyek Sudin Perumahan dan Kawasan Permukiman Jakbar, yakni PT Duta Kreasi Indah. Perbaikan tidak dilakukan sekali jadi. Pemotongan got yang terlalu tinggi dilakukan, juga sekalian pengecoran gang di lokasi ini yang bertujuan meninggikan permukaan jalan.

Pemangkasan got u ditch di Gang ACD, Jembatan Besi, Tambora, Jakarta Barat, 9 Juni 2021. (Rakha AD/detikcom)Pemangkasan got u ditch di Gang ACD, Jembatan Besi, Tambora, Jakarta Barat, 9 Juni 2021. (Rakha AD/detikcom)

Berikut adalah perbandingan sebelum (before) dan sesudah (after) perbaikan tutup got yang dulu menghalangi pintu rumah warga: