detikcom Do Your Magic

Sempat Macet Gegara Proyek Got, Pompa Air Minum Warga Tambora Kini Lancar

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Rabu, 09 Jun 2021 12:01 WIB
Aliran air minum warga di Jembatan Besi, Tambora, ini sudah lancar kembali setelah sempat tersendat gegara proyek got. (Rakha AD/detikcom)
Aliran air minum warga di Jembatan Besi, Tambora, ini sudah lancar kembali setelah sempat tersendat gegara proyek got. Eva memegang selang air minum. (Rakha AD/detikcom)
Jakarta -

Warga di permukiman padat Jakarta Barat ini sempat komplain karena pompa air minumnya tersendat oleh pembangunan got (drainase) DKI. Masalah itu kini sudah teratasi. Pompa air minum mereka sudah bisa mengalir dengan lancar.

"Alhamdulillah sudah lancar, sekarang udah nggak khawatir, udah lega air sudah lancar," ujar warga RT 9/10 Jembatan Besi, Tambora, Jakbar, Sasiati, saat ditemui di rumahnya di Gang ACD Jl Jembatan Besi XII, Jakbar, Rabu (9/6/2021).

Ketersendatan aliran pompa air minum itu karena pemasangan u ditch (penutup got) di lingkungan ini, proyek dari Suku Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Jakarta Barat. Penutup got itu lebih tinggi dari permukaan lantai rumah warga. Air minum sempat sama sekali tidak mengalir, kemudian sempat keluar hanya pada tengah malam.

Aliran air minum warga di Jembatan Besi, Tambora, ini sudah lancar kembali setelah sempat tersendat gegara proyek got. (Rakha AD/detikcom)Aliran air minum warga di Jembatan Besi, Tambora, ini sudah lancar kembali setelah sempat tersendat gegara proyek got. Sasiati memegang selang air minum. (Rakha AD/detikcom)

Sebagaimana diketahui, warga di sini berlangganan air minum dari Palyja. Sebelumnya, Palyja telah meminta maaf dan berjanji memperbaiki permasalahan itu. Perbaikan sudah dilakukan.

"Diperbaiki sama orang proyek, udah. Sekarang udah ngalir lancar. Kalau kemarin kan saya coba perbaiki sendiri, tapi harus sampai malam nunggunya," kata Sasiati.

Warga lainnya, Eva, yang sebelumnya mengalami hal serupa, kini juga turut bersyukur karena pompa air minum di rumahnya sudah normal kembali. Eva bercerita petugas mengganti selang pompa air minum yang sempat terjepit u ditch dengan selang yang baru.

"Udah normal ini, udah bisa dipakai lagi. Ini pas kemarin ada perbaikan dari petugas itu selang pompanya disambung jadi yang baru. Karena yang kemarin kan kaya kejepit got," kata Eva.

Aliran air minum warga di Jembatan Besi, Tambora, ini sudah lancar kembali setelah sempat tersendat gegara proyek got. (Rakha AD/detikcom)Aliran air minum warga di Jembatan Besi, Tambora, ini sudah lancar kembali setelah sempat tersendat gegara proyek got. (Rakha AD/detikcom)

Palyja atau PT PAM Lyonnaise Jaya telah meminta maaf atas gangguan yang dialami warga, dampak dari proyek got. Pihak Palyja juga sudah mendatangi lokasi pelanggan tersebut di RT 10 RW 09, Jembatan Besi, Tambora, Jakbar. Palyja menemukan ada empat titik sambungan rumah yang terdampak atas pemasangan penutup got tersebut.

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi atas terganggunya suplai air bersih di lokasi pelanggan," kata Corporate Communications and Social Responsibility Division Head PT Palyja Lydia Astriningworo, dalam keterangannya, Sabtu (29/5) lalu.

Menurut keterangan Palyja, ada empat titik sambungan rumah pelanggan air minumnya yang berada di area yang terdampak proyek got, sehingga aliran air minum menjadi tidak lancar. Kini aliran air minum di lokasi itu sudah lancar kembali.

(dnu/dnu)