detikcom Do Your Magic

Gara-gara Promo BTS Meal McD Tercipta Kerumunan di Mana-mana

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 10 Jun 2021 05:37 WIB
Jakarta -

Ada promo BTS Meal yang diluncurkan restoran cepat saji McDonald's. Promo itu kemudian memicu kerumunan di berbagai gerai McD. Satgas Penanganan COVID-19 sampai angkat bicara.

McDonald's Indonesia merilis BTS Meal pada 9 Juni 2021 pada pukul 11.00 WIB. Peluncuran menu tersebut serentak di seluruh gerai McDonald's di Indonesia.

Di Jakarta

Pada Rabu (8/6) sekitar pukul 13.25 WIB kemarin, McD Stasiun Gambir, Jakpus, ditutup gara-gara pengemudi (driver) ojek online (ojol) berkerumun untuk membelikan paket yang terkait dengan boyband Korea Selatan, BTS.

Sebagian dari ojol duduk-duduk. Beberapa ojol lainnya sedang mendengarkan penjelasan dari pihak McD. Terlihat ada stiker di McD ini, berbunyi 'Ditutup Sementara'.

Polisi sempat mengecek kerumunan di McD Gambir. Untuk mencegah kerumunan terjadi terus di masa pandemi COVID-19, maka gerai restoran cepat saji asal Amerika Serikat (AS) ini ditutup seharian.

"Kami di sini langsung bersama rekan dari Satpol PP dan rekan-rekan dari TNI, mengimbau mereka untuk tidak melakukan kerumunan," ujar Kapolsek Metro Gambir AKBP Kade Budiyarta.

McDonald's Gambir ditutup imbas antrean ojol BTS Meal (detikcom)McDonald's Gambir ditutup imbas antrean ojol BTS Meal (detikcom) Foto: McDonald's Gambir ditutup imbas antrean ojol BTS Meal (detikcom)

Kade Budiyarta tak merinci ada berapa ojol yang berkerumun di sekitar McD Stasiun Gambir. Dia hanya mengatakan ada ratusan ojol yang berkerumun di tempat makan cepat saji ini.

Selain di Gambir, ada pula gerai McD di tempat lain yang ditutup sementara imbas 'kerumunan BTS Meal'. Ada lima gerai McD di Jakarta Barat yang ditutup sementara yakni 2 gerai di Kembangan, 2 gerai di Kebon Jeruk, dan 1 gerai di Palmerah.

Empat gerai McD di Jakarta Selatan diberi sanksi teguran tertulis dari Satpol PP DKI. Empat gerai itu adalah McD Plaza Kalibata, Pasar Minggu, Cilandak, dan Cipete Selatan.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyayangkan kerjadian ini. DKI tak akan segan-segan mengenakan sanksi.

"Apabila itu tidak diperhatikan tentu kami tidak segan-segan memberikan sanksi. Tentu kami tidak segan segan untuk memberikan sanksi kepada saja, termasuk kepada restoran," tegas Riza.

Di Tangsel

Tingginya animo masyarakat yang memesan promo BTS Meal juga mengakibatkan kerumunan driver ojol di McD Prapatan Duren, Ciputat, Tangerang Selatan.

Kapolsek Ciputat Timur, Kompol Jun Nurhaida Tampubolon, mengatakan kerumunan para sopir ojol terjadi sejak pukul 11.00 WIB. Ada ratusan sopir ojol yang diperkirakan di lokasi.

Polisi bersama elemen pemerintah setempat lainnya segera mendatangi lokasi. Aplikasi promo tersebut di lokasi pun telah dihentikan oleh petugas hari ini.

Di Depok

Kerumunan juga muncul di McD City Plaza (Ciplaz) Depok, Jawa Barat. Satpol PP Depok memberikan sanksi berupa penyegelan dan Denda. McD Ciplaz juga ditutup selama tiga hari.

"Kita kenakan sanksi denda juga. Antara Rp 5 sampai Rp 10 juta," kata Kepala Satpol PP Kota Depok Lienda Ratnanurdianny saat dihubungi detikcom, Rabu (9/6).

Lienda mengatakan ada 6 gerai McDonald's yang berada di Depok. Lima di antaranya hari ini terpantau adanya kerumunan imbas promo BTS Meal tersebut. McD yang terpantau adanya kerumunan di Depok itu di antaranya berada di McD Bojong Sari, McD Margonda, McD Cinere, dan McD Depok Town Square.

McD City Plaza Depok disegel Satpol PP imbas kerumunan BTS MealMcD City Plaza Depok disegel Satpol PP imbas kerumunan BTS Meal Foto: (Tangkapan layar)

Selanjutnya, di Bandung, Yogyakarta, Solo, Surabaya:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3