KPK Limpahkan Berkas Kasus Suap Bupati Nonaktif Banggai Laut ke Pengadilan

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Jumat, 16 Apr 2021 11:13 WIB
Bupati nonaktif Banggai Laut Wenny Bukamo diperiksa KPK. Ia diperiksa terkait dugaan suap pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemkab Banggai Laut TA 2020.
Wenny Bukamo (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

KPK melimpahkan berkas perkara suap Bupati nonaktif Banggai Laut Wenny Bukamo ke Pengadilan Tipikor Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng). Wenny akan segera disidangkan.

Selain Wenny, dua terdakwa lainnya juga dilimpahkan berkas perkaranya. Dua terdakwa itu adalah Komisaris Utama PT ABG (Alfa Berdikari Group) Recky Suhartono Godiman dan Direktur PT RMI (Raja Muda Indonesia) Hengky Thiono.

"Kamis (15/4), jaksa KPK telah melimpahkan berkas perkara para terdakwa, yaitu Wenny Bukamo, Recky Suhartono Godiman, dan Hengky Thiono, ke PN Tipikor Palu," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Jumat (16/4/2021).

Ali mengatakan para terdakwa itu sudah menjadi kewenangan Pengadilan Tipikor Palu. Namun, untuk sementara, Wenny masih dititipkan di Rutan Kelas I Jakarta Timur, Recky di Rutan Polda Metro Jaya, dan Hengky di Rutan Polres Jakarta Pusat.

Lebih lanjut KPK masih menunggu penetapan majelis hakim dan jadwal sidang mendatang.

"Selanjutnya menunggu penetapan penunjukan majelis hakim dan penetapan hari sidang dengan agenda pembacaan surat dakwaan oleh tim JPU," kata Ali.

Para terdakwa masing-masing didakwa dengan dakwaan, pertama, Pasal 12 huruf (b) UU Tipikor juncto Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP atau Kedua, Pasal 11 UU Tipikor juncto Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP.

Lihat juga Video "Luhut: KPK Ini Super Sakti, Tapi OTT Nggak Bikin Jera!":

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2