Round-Up

Safari TP3 ke Senayan Desak Hak Angket Penembakan Laskar FPI

Tim detikcom - detikNews
Senin, 05 Apr 2021 21:13 WIB
TP3 6 Laskar FPI bertemu Fraksi PAN DPR
TP3 6 Laskar FPI melakukan audiensi ke Fraksi PAN DPR. (Farih Maulana Sidik/detikcom)

Fraksi PAN mengaku akan mengambil tiga langkah dalam merespons poin-poin aspirasi TP3 6 Laskar FPI. Langkah pertama, PAN akan mempelajari secara detail aspirasi TP3.

"Kedua, kami akan meminta kepada anggota Fraksi PAN yang ada di Komisi III untuk menindaklanjuti aspirasi ini kepada para pihak, terutama mitra kerja Komisi III," ujar Ketua Fraksi PAN Saleh Partaonan Daulay.

Fraksi PAN, melalui anggotanya, akan mengusulkan kepada pimpinan Komisi III agar memanggil Komnas HAM dan kepolisian. Sebab, Komnas HAM mengklaim telah melampirkan laporan penyelidikan terhadap kasus tewasnya enam anggota laskar FPI, di mana TP3 menganggapnya hanya laporan pemantauan.

"Karena itu, kami meminta nanti Fraksi PAN untuk bersuara ke pimpinan Komisi III untuk memanggil, dan tentu juga memanggil kepolisian yang menangani masalah ini. Sehingga informasi bisa berimbang kita bisa dapat informasi valid dari aparat penegak hukum terkait dengan status penanganan masalah ini," sebut Saleh.

Fraksi PAN juga akan melakukan komunikasi politik dengan fraksi lain. Lobi-lobi politik diperlukan agar desakan hak angket yang disuarakan TP3 dapat terealisasi.

"Tentu dengan kasus yang sensitif seperti ini, itu tentu tidak mudah. Oleh karena itu, kita perlu melakukan komunikasi politik yang intensif dengan partai-partai tersebut. Sehingga dengan demikian insyaallah ini bisa kita tangani dan diselesaikan dengan baik sesuai dengan UU yang berlaku," tutur Saleh.

Halaman

(zak/zak)